Sepuluh Kota dengan Harga Hunian Termahal di Dunia

Dalam satu dekade terakhir, properti residensial di Hong Kong masih menjadi yang termahal di dunia. Harganya bahkan 56% lebih tinggi dari Tokyo yang berada peringkat kedua.

Hong-Kong-Night-Skyline-wikipedia-rumahhokie-do-kecil
Hong Kong Skyline (Foto: Wikipedia)

RumahHokie.com (Jakarta) – Harga properti residensial di Hong Kong hingga kini masih yang termahal di dunia. Setelah mendominasi indeks selama 10 tahun terakhir, harga rata-rata hunian primer di Hong Kong saat ini berada di angka USD4.670 per kaki persegi (USD433,8 per meter persegi) atau 56% lebih tinggi dari Tokyo yang berada peringkat kedua.

Baca Juga: Ternyata, Dua Bangunan Termahal di Dunia Ada di Mekkah

New York dan London melengkapi peringkat empat besar, sementara posisi kelima Shanghai diambil oleh Sydney lantaran harga properti hunian di kota terbesar di China tersebut merosot.

Di Eropa, predikat kota termahal masih menjadi milik London (peringkat ke-4 secara global) diikuti oleh Paris (peringkat ke-9 global) dan Moskow (peringkat ke-13 global). Demikian laporan “World Cities Prime Residential Index Results” yang dirilis Savills World Research.

Baca Juga: 5 Kota di China Duduki Peringkat Kantor Sewa Termahal di Asia Pasifik

Sementara itu, properti primer di Berlin dan Madrid tercatat memiliki nilai yang relatif baik, dengan harga masing-masing lebih rendah 42% dan 52% dibandingkan dengan Paris.

Di lain pihak, harga hunian di San Francisco mengalahkan Los Angeles dengan selisih 16%—sementara keduanya lebih tinggi dibanding Miami. Di China, harga hunian di Shenzhen dan Beijing setara atau 17% lebih rendah dibanding Shanghai.

10 kota dengan harga hunian termahal di dunia - savills research - tabel bar - rumahhokie - dok10 Kota dengan Properti Hunian Super Mahal
Untuk properti yang masuk kelas ultra-prime (jenis properti yang dimiliki dan digunakan ultra-high-net-worth individual alias UHNWI) memiliki pola yang serupa, tetapi memiliki lebih banyak variasi.

London menyalip New York sebagai kota termahal ketiga untuk perumahan ultra-prime. Sedangkan Moskow (peringkat ke-9) menempati peringkat empat lebih tinggi dari skor perumahan primer biasa.

Baca Juga: Dua Kota di Australia Ini Makin Menarik Orang Super Kaya Dunia

Berikut 10 kota dengan harga hunian ultra-prime tertinggi di dunia (dalam USD per kaki persegi) menurut Savills Research:

1. Hong Kong (8.370)
2. Tokyo (6.350)
3. London (3.400)
4. New York (3.220)
5. Sydney (3.120)
6. Shanghai (2.740)
7. San Francisco (2.550)
8. Paris (2.500)
9. Moscow (2.410)
10. Los Angeles (2.340)

Kebangkitan Properti China
Selama 10 tahun terakhir, kebangkitan properti di kota-kota di China telah menjadi tren yang patut diperhitungkan. Di Shenzhen, Beijing, Hong Kong, dan Shanghai, harga telah melihat pertumbuhan menakjubkan lebih dari 130% dalam satu dekade. Ini mencerminkan dampak meningkatnya kekayaan kelas menengah dan urbanisasi di daratan China, dan daya tarik Hong Kong sebagai kota kelas dunia.

Di Eropa, Berlin kembali memperlihatkan pertumbuhan jangka panjang terkuat dengan nilai-nilai peningkatan sebesar 119%, lebih tinggi daripada lokasi-lokasi lain di Eropa. Sementara itu, Tokyo, Paris, London, New York, Singapura, dan Miami telah memperlihatkan pertumbuhan sekitar 40% selama dekade terakhir.

Baca Juga: 20 Nama Depan Pemilik Rumah dengan Harga Termahal di Amerika

London dan Singapura, di sisi lain, menunjukkan sebagian besar pertumbuhan di paruh pertama dekade ini. Akan tetapi, pajak tambahan, ditambah ketidakpastian politik (untuk kasus London), memperlambat pertumbuhan pasar. Sebaliknya, pertumbuhan lebih kuat dalam lima tahun terakhir di Miami dan Tokyo.

Di Madrid, harga perumahan primer hampir tidak berubah dalam satu dekade terakhir. Kendati demikian, terjadi pemulihan harga karena tingkat kesulitan mendapatkan pasokan perumahan.

Savills mencatat, harga hunian terjun bebas di Moskow dan Dubai karena ketidakpastian politik dan harga minyak yang lebih rendah.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda