2.050 Hunian di Maluku Akan Dapat Dana Bantuan Bedah Rumah

Biaya untuk menjalankan Program BSPS disalurkan Kementerian PUPR kepada masyarakat Maluku melalui bank penyalur dana bedah rumah.

Program Bedah Rumah, Kementerian PUPR, Maluku
(Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Maluku) – Sebanyak 2.050 unit rumah di Maluku akan mendapatkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pelaksanaan Program Bedah Rumah tersebut akan dilaksanakan oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Maluku di enam kabupaten/ kota yang ada di daerah tersebut.

“Kami akan melaksanakan program bedah rumah kepada 2.050 unit rumah di enam kabupaten / kota di Provinsi Maluku,” ujar Pither Pakabu, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Maluku, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (30/07/2019).

Baca Juga: Kementerian PUPR Akan Bangun Rumah untuk Eks Warga Timor Timur di NTT

Ada dua jenis dana BSPS yang disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pertama, dana untuk Peningkatan Kualitas (PK) senilai Rp17,5 juta. Kedua, dana untuk Pembangunan Baru (PB) senilai Rp35 juta.

“Dana BSPS ini disalurkan Kementerian PUPR kepada masyarakat melalui bank penyalur dana bedah rumah. Ini merupakan rangkaian kegiatan dari proses administrasi yang wajib diterima oleh penerima bantuan, sebelum pembangunan fisik dilaksanakan,” tuturnya.

Lebih lanjut Pither mengatakan dana tersebut diterima oleh penerima bantuan BSPS untuk dipergunakan dalam bentuk bahan bangunan dan sebagian untuk upah kerja tukang.

Baca Juga: Kementerian PUPR Resmikan Rusunawa Universitas PGRI Senilai Rp12,9 Miliar

Pither mengatakan salah satu desa penerima buku tabungan untuk pelaksanaan Program Bedah rumah telah diserahkan SNVT kepada 20 keluarga di Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Sementara itu, Markus Hehalatu, Kepala Desa Hatu, menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi penyaluran bantuan bedah rumah dari Kementerian PUPR kepada masyarakat-nya.

Baca Juga: Dorong Capaian Program Sejuta Rumah, Kementerian PUPR Siapkan Strategi Khusus

“Masih banyak warga di Desa Hatu yang tergolong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Oleh karena itu, dengan adanya program BSPS tentunya dapat meningkatkan kualitas tempat tinggal mereka. Kami harap tahun depan jumlah bantuannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Markus.

Selain di Desa Hatu, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku juga memberikan dana bantuan bedah rumah untuk warga Negeri Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Di desa tersebut terdapat 30 keluarga yang menerima bantuan dari program BSPS.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda