2 Bendungan Akan Diresmikan Tahun Ini

RumahHokie.com (Jakarta) – Dua bendungan yakni Bendungan Paya Seunara di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Bendungan Teritip di Balikpapan, Kalimantan Timur ditargetkan dibangun dan diresmikan pada tahun 2016 ini.

“Tahun ini bendungan Paya Seunara rencananya September (diresmikan) dan Teritip pada November,” terang Mudjiadi Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PU-Pera, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Mudjiadi menambahkan, progres pembangunan bendungan Paya Seunara sudah mencapai 96 persen. Bendungan ini sudah mulai dibangun sejak 2001 dan hampir selesai pada tahun 2006, namun kembali diperbaiki pasca terjadinya gempa. Sementara itu bendungan Teritip sudah 77 persen, pembangunannya sudah dilakukan sejak tahun 2014 dengan lama masa pembangunan 3 tahun.

Pekerjaan konstruksI bendungan Paya Seunara dilakukan oleh PT Inaco Harapan-PT Inaco Putra Perkasa, sedangkan untuk konstruksi bendungan Teritip dilakukan oleh PT Waskita Karya. Keberadaan bendungan berkapasitas 2,4 juta liter ini sangat penting lantaran sebagai sumber daya air minum warga sekitar.

Biaya pembangunan bendungan di NAD sendiri memakan biaya Rp 37,9 miliar, sedangkan untuk pembangunan bendungan di Balikpapan mencapai Rp 262 miliar.

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda