223 Petugas Kebersihan Kota Prabumulih Bakal Dapat Bantuan Rumah

Kompleks perumahan komunitas petugas kebersihan di Kota Prabumulih terdiri dari 14 blok, dengan jumlah unit rumah sebanyak 223 unit.

Rumah Berbasis Komunitas Petugas Kebersihan Kota Prabumulih, Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid
Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid saat melakukan Ground Breaking Rumah Berbasis Komunitas Petugas Kebersihan Kota Prabumulih, pada Kamis (27/2/2020) di Sumatera Selatan. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Prabumulih) – Sebanyak 223 orang yang tergabung dalam komunitas petugas kebersihan di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, bakal mendapatkan bantuan program perumahan dari Kementerian PUPR.

Bantuan hunian subsidi tersebut diberikan untuk terus mendorong pelaksanaan program pembangunan perumahan berbasis komunitas di berbagai daerah di Indonesia.

Disela-sela prosesi groundbreaking rumah berbasis komunitas petugas kebersihan Kota Prabumulih, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan menerangkan bahwa hal itu menjadi salah satu bagian dari Program Sejuta Rumah.

Baca Juga: Mau Dapat Bantuan Rumah Berbasis Komunitas? Begini Syaratnya

Melalui program perumahan berbasis komunitas ini, dia mengatakan pemerintah ingin memberdayakan masyarakat agar dapat menghuni rumah yang layak huni.

“Untuk mengatasi masalah perumahan, khususnya penanganan rumah tidak layak huni (RTLH), kami memerlukan dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat,” tutur Khalawi.

Menurut dia, berbagai kerjasama antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat tentunya menjadi salah satu solusi agar Indonesia bebas dari RTLH.

Berdasarkan data site plan yang ada, kompleks perumahan komunitas petugas kebersihan tersebut terdiri dari 14 blok dengan jumlah unit rumah sebanyak 223 unit.

Baca Juga: 24 Komunitas Masyarakat Ajukan Bantuan Perumahan KemenPUPR

Hunian komunitas tersebut akan dibangun di Kelurahan Anak Petai, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

“Pembangunan rumah akan kami laksanakan di atas lahan seluas empat hektar. Adapun spesifikasi rumah yang dibangunan adalah tipe 36, dengan ukuran 6 x 6 meter serta luas tanah 10 x 12 meter,” terang Khalawi.

Lebih lanjut ia menerangkan, untuk memberi kenyamanan bagi para penghuninya rumah komunitas itu akan dilengkapi oleh sejumlah fasilitas umum.

Baca Juga: Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Ini Strategi Kementerian PUPR di Bidang Perumahan

Antara lain, taman penghijauan, masjid, sarana olahraga, tempat pengelolaan sampah terpadu dan instalasi pengelolaan air limbah, jalan lingkungan dan drainase, serta penyediaan jaringan air minum.

Hingga kini Pemkot Prabumulih sudah melakukan pendataan pemilik dan menyediakan fasilitas listrik, jaringan air bersih, jaringan gas, serta sertifikat lahan.

“Untuk di Kota Prabumulih, kami anggarkan bantuan senilai Rp35 juta per unit rumah. Selain itu, jalan lingkungannya juga akan kami bantu. Kami harap program seperti ini bisa ditiru oleh daerah lainnya,” tandasnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda