3 Ide untuk Menghadirkan Pencahayaan di Dalam Ruangan

Melalui aplikasi pencahayaan yang baik, para pemilik hunian tak hanya akan mendapatkan ruangan yang terang, akan tetapi juga bisa merasakan ambience yang positif.

tips memberi pencahayaan ruang-RumahHokie.com-thedailygraff
(Foto: the dailygraff)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pencahayaan merupakan salah satu elemen yang penting dalam sebuah bangunan. Kehadiran pencahayaan yang baik tidak saja akan membuat ruangan menjadi terang, akan tetapi juga dapat mempengaruni keindahan interior serta mood yang menyertainya.

Oleh karena itu, tak berlebih rasanya jika elemen pencahayaan patut untuk diperhatikan ketika Anda sedang merencanakan membangun hunian ataupun melakukan renovasi ruangan di rumah.

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, setidaknya ada beberapa cara yang dapat ditempuh, baik itu sifatnya pencahayaan alami maupun pencahayaan buatan yang dihadirkan melalui aplikasi lampu.

Baca Juga : Terangi Ruangan dengan Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda terapkan untuk menghadirkan pencahayaan yang baik di dalam ruangan hunian.

Skylight

Keuntungan mengaplikasikan skylight pada ruangan, bukan hanya bisa membuat ruangan tampak terang dan kaya cahaya alami matahari, tapi juga bisa membuat rumah terasa lebih hangat dan sehat. (Foto: ofdesign)

Salah satu trik untuk memberi menghadirkan pencahayaan alami pada ruangan, selain dengan memasang jendela samping, juga bisa dilakukan dengan memasang skylight yang berupa kaca berongga atau jendela di atap rumah.

Letaknya yang berada di atas plafon, membuat skylight cocok dipasang di hunian minimalis
yang memiliki ukuran relatif kecil. Aplikasi pencahayaan model itu bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk diterapkan lho, Hokie People!.

Baca Juga : Ide Dekorasi dengan Surfboard yang Buat Ruangan Tambah Artistik

Drop Ceiling

Aplikasi pencahayaan model drop ceiling akan menambah kesan mewah pada interior hunian. (Foto : decoist)

Sering juga disebut dengan plafon gantung, umumnya digunakan untuk memperindah ruangan dengan pencahayaan yang cantik nan mewah.

Karena letaknya yang biasanya disembunyikan di dalam drop ceiling, cahaya yang dipancarkan pun tak langsung mengarah dan menyoroti lantai ruangan, namun menyebar ke bagian atas plafon.

Umumnya, cara memberi pencahayaan pada ruang dengan pengaplikasian drop ceiling ini diterapkan pada ruang tamu, kamar tidur ataupun area komunal lainnya yang ingin cukup cahaya namun tetap terkesan tenang.

Pencahayaan aplikatif

Pencahayaan aplikatif juga bisa dihadirkan melalui lampu gantung di samping tempat tidur. (Foto: soartech)

Penerapan pencahayaan tambahan yang sifatnya aplikatif, cukup efektif untuk membuat ruangan tampak lebih berkarakter.

Pengaplikasiannya pun cukup mudah dan fleksibel.Sehingga tak melulu harus dipasang pada langit-langit atau plafon ruangan. Anda juga bisa mengaplikasikan berbagai lampu cantik tersebut pada sisi samping ranjang tidur.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda