395 Hunian di Bali Terima Dana Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah

Hingga tahun 2019, Kabupaten Tabanan telah mendapatkan bantuan bedah rumah sebanyak 1.602 unit yang tersebar di lima kecamatan pada 20 desa.

Program Bedah Rumah di Bali, Kementerian PUPR
(Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Bali) – Sebanyak 395 rumah di Kabupaten Tabanan, Bali, menerima bantuan bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pemilik rumah di daerah tersebut masing-masing menerima bantuan Rp17,5 juta.

Penyerahan bantuan bedah rumah untuk masyarakat Tabanan secara simbolis diberikan oleh Kasubdit Fasilitas Pemberdayaan dan Kemitraan Direktorat Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan, Niken Nawangsari, di Balai Serbaguna Desa Bantiran, Pupuan, pada Rabu (03/07/2019) yang lalu.

Pelaksanaan program BSPS ini, imbuh Niken, dilaksanakan oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Bali Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Baca Juga: Program Bedah Rumah di Sorong, Kementerian PUPR Gelontorkan Rp7,95 Miliar

Berdasarkan data yang ada, 395 rumah yang akan menerima BSPS tersebut tersebar di Desa Antapan, Desa Megati, Desa Belimbing, Desa Pujungan, Desa Bantiran, Desa Belatungan, Desa Karyasari dan Desa Buwit.

“Kami berharap kegiatan BSPS dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain itu juga sebagai pendorong untuk kegiatan lainnya yang dialokasikan melalui sumber dana APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota serta dana CSR dari Badan Usaha/Swasta,” ujar Niken.

Dalam proses pengerjaannya, dia mengatakan rumah yang layak huni haruslah memenuhi beberapa kriteria persyaratan pada bangunannya.

Baca Juga: Infografis: Apa Syarat Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari Pemerintah?

“Pemilik hunian harus melakukan peningkatan kualitas konstruksi bangunan. Selain itu, harus memenuhi standar kecukupan pencahayaan dan penghawaan serta ketersediaan MCK. Mereka pun harus memenuhi standard ruang gerak minimum per orang,” paparnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Bupati Tabanan dalam sambutan yang dibacakan oleh I Gst. Agung Nyoman Kamasan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah mengalokasikan bantuan pada delapan desa di empat kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Hingga tahun 2019, Kabupaten Tabanan telah mendapatkan bantuan sebanyak 1.602 unit hunian yang tersebar di lima kecamatan pada 20 desa.

Baca Juga: KemenPUPR Tingkatkan Dana Bantuan Program Bedah Rumah untuk Masyarakat

Pihaknya menghimbau kepada penerima bantuan, agar memanfaatkan bantuan secara maksimal dan mau berswadaya sesuai dengan persyaratan yang merupakan amanat pelaksanaan program BSPS.

Sebagai info tambahan, Kementerian PUPR pada tahun 2019 akan menyalurkan dana bedah rumah untuk 3.200 unit hunian di tujuh kabupaten di Pulau Dewata tersebut.

Jumlah bantuan bedah rumah adalah Rp17,5 juta per unit rumah yang terdiri dari Rp15 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah pekerja bangunan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda