4 Hal Ini yang Harus diperhatikan Ketika Ingin Merancang Fasad

Fasad merupakan bagian 'wajah' dari bangunan. Dengan memperhatikan rancangan bagian fasad, akan membuat tampilan keseluruhan bangunan menjadi menarik.

Selain berfungsi untuk mereduksi pancaran sinar matahari, penggunaan secondary skin pada fasad bangunan juga menambah estetika tampilan. (Foto: tigarsdesainrumah.blogspot.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Fasad pada sebuah bangunan selayaknya ‘wajah’. Kehadirannya, menggambarkan bagaimana karakter serta tampilan dari selera penghuninya dibentuk dan diejawantahkan kepada rancangan keseluruhan hunian yang dimilikinya. Rasanya akan sempurna jika hunian anda memiliki tampilan ‘wajah’ bangunan yang menarik secara estetik.

Jika sedang merancang bangunan untuk tempat tinggal, ada baiknya memperhatikan bagian fasad dari rumah anda, baik secara tampilan maupun kualitasnya.

Berikut ini beberapa hal yang juga patut menjadi perhatian untuk anda apabila ingin menghadirkan ‘wajah’ bangunan yang indah.

Baca Juga: Mengenal Aneka Material Secondary Skin Pada Fasad Bangunan

Rancang sesuai keinginan

Salah satu bagian rumah yang bisa didesain dengan rasa personal adalah area fasadbis.
Oleh karena itu, pilihlah desain fasad yang sesuai gaya dan karakter anda. Jika anda dengan fasad bernuansa natural, anda bisa menggunakan material, seperti bata ekspos, batuan alam, ataupun kayu. Apabila lebih menyukai tampilan sederhana, namun tetap terkesan elegan, anda bisa merancang fasad dengan gaya minimalis modern.

Ketahanan terhadap cuaca

Sebagai negara yang beriklim tropis, wilayah Indonesia selalu diterpa panas matahari dan
diguyur hujan lebat. Saat merancang fasad bangunan, anda perlu mempertimbangkan
ketahanannya terhadap paparan cuaca, agar rumah tidak terlihat kusam.

Pilihlah material-material yang memang tahan terhadap gangguan cuaca. Jika menggunakan cat dinding eksterior, pilihlah produk yang memang tahan terhadap paparan cuaca ekstrim. Namun, apabila menggunakan material ekspos, jangan lupa untuk memberi lapisan pelindung dengan coating.

Baca Juga: Keren, Fasad Bangunan Microlibrary di Bandung Tersusun dari Ember Es Krim

Rutin merawat fasad

Kebersihan dari fasad akan mempengaruhi keindahan keseluruhan bangunan. Oleh karena itu, penting untuk selalu merawat dan menjaga tampilan ‘wajah’ bangunan secara rutin. Salah satu material yang mudah dibersihkan adalah keramik. Anda cukup mengelap dengan cairan pembersih.

Pertimbangkan paparan panas dan kebisingan

Jika menghadap arah datang sinar matahari, fasad sering menjadi penghantar masuknya panas ketika siang ataupun sore hari. Hal itu bisa anda cegah dengan menggunakan secondary skin yang berfungsi mereduksi paparan sinar matahari, sekaligus menambah tampilan keindahan estetika bagian fasad bangunan anda.

Selain itu, fasad pun sering kali menjadi ‘pintu masuk’ suara bising yang datang dari luar bangunan. Untuk menangkal kebisingan dari area luar, anda bisa menghambatnya dengan mempertebal dinding pada fasad.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda