4 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menanam Pohon di Halaman Rumah

Walaupun terlihat sepele, proses menanam dan merawat pohon memerlukan perhatian yang lebih apabila dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Tips Menanam Pohon-RumahHokie.com-istimewa
(Foto: countryliving)

RumahHokie.com (Jakarta)Menanam pohon di perkarangan tak hanya akan membawa udara yang sejuk dan segar kedalam rumah,namun juga akan melindungi paparan berlebih dari sinar matahari.

Untuk menanam sebuah pohon di halaman depan rumah ataupun pada area halaman
belakang, diperlukan berbagai persiapan dan pertimbangan.

Walaupun terlihat sepele, proses menanam dan merawat pohon memerlukan perhatian yang lebih apabila dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Baca Juga: Ciptakan Nuansa Indah di Taman Anda dengan Sepeda Tua

Simak 4 hal berikut ini yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan penananaman pohon di halaman rumah.

Kenali karakteristik pohon

Penting untuk mengetahui karakteristik pohon, seperti tingginya, lebar pohon, batang dan akar pohon. Pemilihan jenis pohon harus disesuaikan pula dengan tema rumahnya. Untuk rumah bergaya klasik, Anda bisa memilih pohon palem.

Perlu diingat bahwa tak semua jenis pohon palem cocok ditanam dalam lahan rumah yang sempit. Contohnya saja jenis palem raja yang memiliki akar keras dan berbahaya bagi konstruksi bangunan.

Baca Juga: Tinggal Satu Atap dengan Burung di Hutan Kanada, Bagaimana Rasanya?

Beri jarak antar pohon yang sesuai

Agar pohon tak saling berebut nutrisi dari tanah, jangan menanam pohon secara berdekatan. Beri jarak minimal sejauh 3 meter antarpohon. Selain itu, pengaturan jarak tanam antar pohon juga bertujuan agar tumbuhan yang memiliki tajuk, seperti ketapang kencana tidak saling bertabrakan.

Pilih pohon beranting

Kehadiran pohon di halaman rumah, tentunya disertai pula dengan kewajiban untuk membersihkan daun kering yang berguguran.

Nah, jika Anda termasuk pemilik rumah yang  tak mau repot membersihkan, disarankan untuk memilih pohon beranting, sepeti tabebuia, kamboja ataupun pohon pule. Jenis pohon tersebut cenderung menghasilkan sampah lebih sedikit dibandingkan jenis pohon lainnya.

Gunakan metode pemindahan pohon

Jika ingin menikmati keindahan pohon secara cepat, Anda bisa menggunakan metode pemindahan tumbuhan. Perlu dicatat bahwa dalam kurun waktu satu hingga dua bulan, pohon akan beradaptasi dan terlihat kering. Namun setelah itu akan kembali tumbuh.
Maka agar adaptasi lebih cepat, gunakan obat penguat akar.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda