4 Jenis Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkan Bau Cat di Ruangan

Bau yang ditimbulkan dari zat kimia pada kandungan cairan cat akan cukup mengganggu bagi kenyamanan penghuni rumah. Oleh karena itu perlu solusi yang tepat untuk menghilangkan bau cat dengan cepat.

Cara Menghilangkan Bau Cat Dinding
(Foto: popeti)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ketika proses renovasi rumah, dalam hal ini mengecat ulang dinding bagian interior, ada kalanya penghuni akan mencium aroma cat yang masih beredar di dalam ruangan.

Bau yang ditimbulkan dari zat kimia pada cairan cat itu akan cukup mengganggu bagi kenyamanan penghuni rumah. Selain itu, jika terlalu lama menghirup bau zat kimia tersebut juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan pernapasan.

Meski kini terdapat inovasi cat dinding yang dibuat memiliki aroma tanaman tertentu yang lebih sedap untuk dicium, akan tetapi tetap saja akan lebih baik jika bau cat dinding cepat menghilang dari ruangan.

Baca Juga: Kelebihan Menerapkan Cat Dinding Warna Putih untuk Interior Rumah

Lantas, adakah tips menghilangkan bau cat dinding dengan cepat? Dilansir dari Rooang beberapa bahan alami ini bisa menjadi pengusir bau cat di dalam ruangan. Simak ulasannya berikut ini.

Gunakan cuka putih
Jika selama ini cuka putih sering digunakan untuk salah satu bahan masakan dan
juga bia menghilangkan noda pakaian, ternyata cairan itu bisa pula digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau cat pada rumah baru, lho.

Caranya, letakkanlah wadah berisi cuka putih di dalam ruangan yang baru saja dicat selama semalaman. Secara otomatis bau cat akan diserap oleh cuka putih tersebut.

Baca Juga: Begini Kriteria Cat Dinding yang Aman Menurut Ahli Kesehatan

Hilang dengan kopi bubuk
Kopi bubuk dapat menyerap bau-bau tak sedap yang ada di dalam ruangan. Selain dapat menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi, ternyata kopi bubuk juga bisa menyerap aroma menyengat dari cat dinding di dalam ruangan.

Dengan menempatkan kopi bubuk dalam wadah, aromanya akan membuat ruangan lebih wangi dan dapat menyerap bau tidak sedap dari zat kimia cat.

Lemon dan vanili
lemon dan vanili dapat digunakan untuk memberi kesegaran di dalam ruangan. Nah, cobalah bahan alami tersebut untuk Anda gunakan dalam meredam bau cat dinding di ruangan.

Baca Juga: Infografis: Hindari 10 Kesalahan Memilih Cat Dinding Rumah

Potonglah lemon menjadi 4 bagian, kemudian meletakkannya tersebar di dalam ruangan. Sedangkan beberapa tetes vanili, bisa Hokie People campurkan pada adukan cat dinding. Dengan begitu, aroma ruangan justru akan lebih harum dan menyenangkan.

Cobalah dengan arang
Ternyata, arang termasuk salah satu bahan alami yang punya kemampuan cukup bagus untuk menyerap bau tak sedap. Bahan alami itu juga dapat menyerap bau dari zat-zat kimia yang terkandung di dalam cat lho.

Anda cukup meletakkan arang hitam tersebut di dalam ruangan saja selama semalaman. Maka arang akan bekerja menyerap bau cat baru tersebut

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda