5.700 Rumah di Sulteng Dapat Dana BSPS dari Kementerian PUPR

Program BSPS atau bedah rumah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni.

bsps kementerian-pupr-bedah-rumah-palu-rumahhokie-dok
Kementerian PUPR memberi bantuan dana BSPS di Sulawesi Tengah (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Palu) – Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) akan menyalurkan dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 5.700 unit rumah pasca-gempa di Sulteng. Setiap unit hunian yang mendapat bantuan Program Bedah Rumah akan mendapat dana peningkatan kualitas rumah swadaya senilai Rp17,5 juta.

“Pemerintah melalui Kementerian PUPR akan terus membantu masyarakat di Sulawesi Tengah khususnya di Palu untuk bangkit pasca bencana alam dengan menyalurkan Program BSPS atau Program Bedah Rumah,” jelas Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR di sela kunjungan kerja di Desa Loru, Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Ahad (24/11/2019).

Baca Juga: Ini Syarat Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari Pemerintah

Menurut Khalawi Abdul Hamid, program Bedah Rumah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni. Dengan demikian, masyarakat dapat menempati rumah yang layak dan dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang harmonis dan tentunya mewujudkan generasi masa depan yang sehat.

“Jika rumah masyarakat layak huni tentunya akan tercipta generasi muda Indonesia ke depan yang sehat, cerdas dan memiliki daya saing. Program BSPS ini kami salurkan ke seluruh wilayah Indonesia dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” terangnya.

Perlu Pendataan
Khalawi menambahkan, pemerintah tidak akan tinggal diam jika masih ada rumah yang tidak layak. Untuk itu, pendataan rumah tak layak huni (RTLH) sangat diperlukan.

Adanya Program Bedah Rumah, imbuh Khalawi, juga mendorong pola gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu dikarenakan dalam proses pembangunannya masyarakat harus melaksanakan pembangunan rumah secara berkelompok.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Kriteria Rumah Layak Huni Menurut Pemerintah?

Khalawi berharap, setelah mendapatkan dana BSPS, masyarakat tidak hanya fokus dalam membangun rumah, tapi juga perlu memerhatikan sanitasi yang ada khususnya kamar mandi yang ada di dalam rumah. Hal itu dikarenakan sanitasi sangat penting untuk kesehatan penghuni selain kecukupan pencahayaan, struktur konstruksi dan luas bangunan.

“Banyak rumah masyarakat kurang mampu dan rumah janda-janda tua yang kondisi rumahnya hampir ambruk. Secara ekonomi mereka tidak mampu memperbaiki rumahnya dan pemerintah menyalurkan dana BSPS senilai Rp17,5 juta sebagai stimulan agar masyarakat sekitarnya serta saudaranya saling membantu dan akhirnya terwujudlah rumah yang layak,” katanya.

Bantu 16.757 unit Rumah
Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah, H. Hujurat menjelaskan, pada tahun 2019 ini Kementerian PUPR akan mengalokasikan Program BSPS untuk 5.700 unit rumah di Sulawesi Tengah.

“Total BSPS yang disalurkan Kementerian PUPR ke Provinsi Sulawesi Tengah sejak tahun 2016 sampai 2019 adalah 16.757 unit. Kami harap melalui Program BSPS yang dilaksanakan di 11 Kabupaten/Kota ini bisa membantu masyarakat di Sulteng agar bisa memiliki rumah yang lebih layak huni,” katanya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Jamin Program Bedah Rumah Tetap Dilanjutkan

Sementara itu, salah seorang warga penerima BSPS asal Desa Loru Sigi Biromaru, Sigi, Munirah Laisuna menyatakan program BSPS ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu seperti dirinya yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Jumlah dana BSPS dari Kementerian PUPR sebesar Rp17,5 juta, imbuhnya,  diberikan dalam bentuk bahan bangunan senilai Rp15 juta dan Rp2,5 juta untuk upah tukang. Sedangkan keluarganya memiliki keswadayaan senilai Rp7,7 juta.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda