5 Cara Agar Ruangan Hunian Terkesan Lebih Luas

Penting sekali untuk menata perabotan rumah tangga secara cermat, agar penghuni merasakan nyaman dan membuat ruangan terasa lapang.

(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ruangan rumah yang dipenuhi oleh perabotan akan terasa sempit. Oleh karena-nya, dibutuhkan penataan interior cermat dan kreatif yang dilakukan pemilikhunian, agar ruangan terasa lebih luas dan tidak sumpek.

Penting sekali untuk menata perabotan rumah tangga dengan pintar, agar penghuni ruangan merasakan nyaman berada di rumah. Ada beberapa trik yang bisa anda terapkan untuk membuat ruangan hunian yang sempit menjadi tampak lapang. Simak ulasan dan solusinya berikut ini.

Baca Juga: Tips Mendekorasi Ruangan di Akhir Tahun dengan Murah

Merapikan barang

Jika ruangan di rumah terlihat berantakan, anda bisa memulainya dengan merapikan barang-barang yang menumpuk. Pilihlah barang yang sudah tidak dibutuhkan untuk dibuang. Kemudian, rapikan barang-barang yang masih digunakan dan kumpulkan berdasarkan jenis atau fungsinya.

Lalu, letakan di dalam wadah penyimpanan atau kotak kontainer. Tentunya cara tersebut akan mempermudah untuk mencari barang yang dibutuhkan dan juga akan berdampak
pada ketersediaan ruangan yang lebih lapang.

Memaksimalkan sudut ruangan

Acapkali, sudut ruangan luput dari perhatian. Padahal untuk memaksimalkan fungsi ruangan, sisi itu dapat dimanfaatkan dengan baik. Misalkan, anda dapat memasang rak pada sudut-sudut ruangan. Rak tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyimpan pajangan, koleksi mainan anak maupun buku-buku yang anda miliki.

Gunakan furnitur kaki pendek

Untuk membuat ruangan rumah kecil nampak lapang, anda pun bisa menggunakan furnitur berkaki pendek. Jarak antara perabotan rumah tangga dan langit-langit ruang yang tinggi, dapat menjadi salah satu faktor untuk membuat ruangan sempit tampak lebih luas.

Baca Juga: Ide Dekorasi Interior Rumah Bergaya Vintage yang Bikin Rindu Masa Lalu

Letakan cermin sebagai elemen dekoratif

Sifat memantulkan yang ada pada cermin, dapat menciptakan bayangan dari ruang, sehingga menghadirkan ilusi ruang yang lapang. Anda meletakan cermin dengan desain frame bergaya minimalis atau vintage yang diletakan pada salah satu dinding di ruang tamu, untuk dijadikan sebagai elemen dekoratif.

Memaksimalkan Cahaya

Selain berfungsi untuk menerangi ruangan, keberadaan pencahayaan yang tepat juga dapat membuat ruangan terkesan lebih luas. Idealnya, saat pagi hari ruangan-ruangan di rumah tersinari oleh pencahayaan alami dari sinar matahari secara merata. Ketika malam hari, bisa dibantu dengan pencahayaan buatan dari lampu.

Namun, apabila pencahayaan alami tidak bisa maksimal menjangkau setiap sisi ruangan ketika pagi hari, anda dapat memanfaatkan pencahayaan buatan dari lampu.

Pilihlah jenis lampu LED dengan warna ambience yang disesuaikan kebutuhan aktivitas penghuninya di ruang tersebut. Semakin banyak cahaya, akan semakin baik untuk memberi efek ruangan tampak lebih luas.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda