5 Efek Samping Bahaya Penggunan Lilin Aromaterapi di Ruangan

Menyalakan lilin aromaterapi terlalu sering di dalam ruangan, dapat memicu bahaya untuk kesehatan tubuh anggota keluarga di rumah.

aromaterapi, bahaya aromaterapi, aromaterapi ruangan
Ilustrasi lilin aroma terapi. (Foto: 5ftinf)

RumahHokie.com (Jakarta) – Lilin aromaterapi kerap digunakan para pemilik rumah untuk menciptakan suasana nyaman di dalam ruangan. Wanginya yang harum dapat membantu mendatangkan mood positif dan rasa menangkan pikiran.

Namun, tahukah Hokie People ternyata menyalakan aromaterapi terlalu sering di dalam ruangan, dapat memicu bahaya untuk kesehatan tubuh penghuni rumah lho.

Melansir dari laman Femina, Ahad (10/11/2019), keharumanan lilin aromaterapi memang sangat membantu menenangkan pikiran. Akan tetapi menggunakannya terlalu sering dalam waktu yang panjang berdampak pada efek samping yang tidak baik pula.

Baca Juga: Cara Ampuh untuk Membuat Rumah Anda Beraroma Wangi

Oleh karena itu, ada baiknya tidak menyalakan lilin aromaterapi terlalu lama. Berikut ini bahaya dari lilin aromaterapi jika digunakan dalam durasi yang panjang.

Meningkatkan risiko kanker
Ketika lilin aromaterapi dibakar, terdapat berbagai macam zat kimia di dalamnya yang akan menyebar dan bercampur dengan udara sekitar ruangan.

Jika bersentuhan dengan udara, zat kimia tersebut juga akan menghasilkan molekul Formaldehida, yang akan mengubah struktur DNA dan memicu tumbuhnya sel kanker pada hidung dan tenggorokan.

Baca Juga: Deretan Tanaman yang Bisa Menambah Kesegaran Ruang Keluarga

Menimbulkan penyakit asma
Jika ada anggota keluarga Anda yang mengidap penyakit asma, disarankan untuk tidak menggunakan aromaterapi di rumah.

Hal itu dikarenakan,kandungan Volatile Organic Compound (VOC) yang terdapat di dalam aromaterapi bisa mempengaruhi peningkatan inflamasi di tubuh, yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada saluran pernapasan.

Kerusakan ginjal dan hati
Selain dapat menganggu saluran pernapasan, kandungan VOC dari hasil ekstrak aromaterapi yang diuapkan memproduksi aerosol organik sekunder. Bila zat tersebut dihasilkan terus menerus, juga akan memicu kerusakan ginjal dan hati.

Baca Juga: Tips Menghadirkan Dekorasi Bernuansa Romantis di Dalam Rumah

Memicu keracunan pada anak-anak
Penggunaan lilin aromaterapi di rumah yang tidak hati-hati juga berpotensi memicu keracunan pada anak-anak. Maka dari itu, ada baiknya bila Anda menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Apabila tertelan, zat kimia aromaterapi bisa meracuni tubuh si kecil dan membahayakannya.

Berdampak pada jantung dan paru-paru
Dalam sebuah penelitan di Amerika Serikat yang dilakukan dr. Neil Klepeis dari San Diego University, menemukan bahwa terjadi peningkatan partikel polusi hingga 30% disaat lilin aromaterapi terbakar di sebuah ruangan. Maka tidak mengherankan, penggunaan aromaterapi yang terlalu sering berdampak pada jantung dan paru-paru.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda