5 Gedung di Jakarta yang Memiliki Arsitektur Unik dan Modern

Keberadaan gedung-gedung dengan arsitektur unik itu menjadi landmark tersendiri bagi pesona 'wajah' gemerlapnya kota Jakarta.

5 Gedung di Jakarta yang Memiliki Arsitektur Unik dan Modern
(Foto: Traveloka)

RumahHokie.com (Jakarta) – Wilayah Jakarta sebagai Ibukota negara dan pusat bisnis serta ekonomi di Indonesia, ‘dihiasi’ oleh berbagai macam bangunan beraneka rupa. Banyak gedung perkantoran ataupun apartemen dirancang dengan konsep arsitektur yang unik.

Tak jarang, keberadaan gedung-gedung dengan arsitektur unik dan modern itu menjadi landmark tersendiri bagi pesona ‘wajah’ gemerlapnya kota yang dahulu bernama Batavia ini.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Jakarta pada 22 Juni nanti, berikut ini kami pilihkan 5 gedung dengan desain arsitektur unik dan keren yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk mari disimak, Hokie People!

Baca Juga: Gedung-gedung Unik di Jakarta yang Pantas Jadi Cagar Budaya

1. Menara Karya

5 Gedung berarsitektur unik di Jakarta
(Foto: arquitectonica)

Terletak di jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, arsitektur dari Menara Karya ini tampak seperti sebuah karya sculpture yang modern.

Bentuk gedung unik karena bagian bawah terlihat lebih kecil apabila dibandingkan sisi atas-nya. Pada bagian lantai 23 dan 24 sengaja dibuat menyembul, seperti permainan ‘uno stacko’ yang sedang ditarik keluar.

2. UOB Plaza

(Foto: sewabelikantor)

Bangunan UOB Plaza yang berdiri di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, ini memiliki desain arsitektur yang terbilang juga unik.

Baca Juga: Tingkat Hunian Sektor Ritel Jakarta Masih Stabil di Level 88%

Bentuk bangunan setinggi 44 lantai itu dirancang selaiknya susunan lego, dengan permainan tatanan yang menonjol di beberapa bagian. Hampir sekujur fasad Menara UOB ditutupi oleh material kaca anti radiasi yang ramah lingkungan.

3. Menara Palma

5 Gedung di Jakarta yang Memiliki Arsitektur Unik dan Modern
(Foto: carikantor)

Keunikan arsitektur Menara Palma terletak pada bentuk bangunannya yang menyerupai huruf A. Bentuk gedung yang dirancang oleh DCM Architect ini mencerminkan konsep
manajemen modern dari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan.

Kesan asimetris ditampilkan melalui salah satu tower yang dibuat lebih tinggi dari lainnya dan seolah-olah bertumpu pada tower yang lebih rendah.

4. Bakrie Tower

5 Gedung di Jakarta yang Memiliki Arsitektur Unik dan Modern
(Foto: Wikipedia)

Gedung di Jakarta dengan konsep arsitektur unik lainnya adalah Bakrie Tower. Bangunan yang difungsikan sebagai gedung perkantoran grade A+ ini memiliki arsitektur dengan bentuk asimeteris yang modern nan artistik.

Baca Juga: Mengupas Model Bisnis Kawasan TOD di Jakarta dan Sekitarnya

Mengutip Arsitag, Bakrie Tower didesain untuk menjadi sebuah ikon unik di pusat Kotab Jakarta. bangunan 48 lantai setinggi 216 meter ini, sengaja dipuntir 3 kali sehingga membentuk silhouette bangunan yang sangat unik dari tiap sudut yang berbeda.

5. Regatta Towers

5 Gedung di Jakarta yang Memiliki Arsitektur Unik dan Modern
(Foto: atkinsglobal)

Desain arsitektur Regatta Towers mampu menjadi ikon di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Bangunan garapan Tom Wright (WS Atkins Consultants asal Inggris ini terinspirasi dari konsep eksotisme dunia bahari Jakarta.

Gugusan bangunan apartemen itu menjadi perlambang kapal dengan layar terkembang yang berangkat mengikuti arah kompas, sambil menyajikan panorama Laut Jawa.

Keunikan aristektur Regatta yang merupakan hasil dari kerjasama PT Intiland Development Tbk dan PT Global Ekabuana ini diganjar penghargaan Prix d’Excellence tahun 2010 oleh Federasi Real Estate Internasional (FIABCI).

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda