5 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Keluarga yang Perlu Anda Hindari

Mendekorasi ruang keluarga tidak hanya terbatas pada cara mengkombinasikan antara penggunaan furnitur dengan gaya desain interior yang diaplikasikan saja.

tips dekorasi ruang keluarga, ruang keluarga gaya modern kontemporer
Ruang keluarga dengan gaya modern kontemporer. (Foto: Donna Dotan)

RumahHokie.com (Jakarta) – Menata ruang keluarga menjadi penting untuk dilakukan agar hunian terasa nyaman dan dapat berpenampilan indah.

Mendekorasi ruang keluarga tidak hanya terbatas pada cara mengkombinasikan antara penggunaan furnitur dengan gaya desain interior yang diaplikasikan saja.

Namun, juga memahami bagaimana tips dan trik menata ruang keluarga yang indah dan berkarakter. Dengan memahaminya, Anda dapat terhindar dari keselahan-keselahan yang umumnya terjadi.

Baca Juga:  Tips Menata Ruang Keluarga dan Ruang Makan dalam Satu Area

Mengutip dari Femina, berikut ini 5 kesalahan yang sering terjadi saat mendekorasi ruang keluarga dan patut Hokie People hindari.

Salah memilih warna cat dinding
Pemilihan warna cat dinding pada ruang keluarga memberi pengaruh pada tingkat kenyamanan dan keindahan interior rumah.

Apabila Anda salah memilih warna cat dinding ruang keluarga, tidak saja akan berdampak pada sulitnya mengkombinasikan elemen interior lainnya, akan tetapi juga akan memberi dampak psikologis yang tidak baik pada penghuni rumah. Oleh karena itu, tentukanlah skema warna yang cocok untuk ruang keluarga hunian Anda

Menggunakan sofa yang tak nyaman
Meletakkan sebuah sofa nyaman di ruang keluarga merupakan hal yang peting dilakukan, agar momen berkumpul dan bersantai Anda bisa berjalan maksimal.

Baca Juga: Tips Merancang Ruang Keluarga yang Nyaman dan Bersahabat

Maka, ketika Hokie People ingin membeli sofa modern minimalis di toko furnitur selain mempertimbangkan tampilannya, usahakan untuk merasakan tingkat kenyamanannya. Agar terhindar dari penggunaan sofa yang tidak nyaman

Elemen pencahayaan yang tidak tepat
Selain warna cat dinding dan furnitur, penggunaan lampu ruang keluarga yang tepat juga tidak bisa diabaikan.

Apabila Anda menginginkan suasana ruang keluarga terlihat lebih ringan, maka gunakanlah elemen pencahayaan dengan bentuk yang simpel. Jangan menggunakan bentuk yang kompleks, seperti lampu chandelier.

Furnitur yang terlalu besar
Kesalahan yang juga umumnya terjadi adalah saat menentukan ukuran furnitur yang tidak sesuai dengan ruang keluarga.

Baca Juga: Deretan Tanaman yang Bisa Menambah Kesegaran Ruang Keluarga

Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan tersebut, ada baiknya mengukur luasan ruang keluarga sebelum membeli furnitur. Jika lahan ruang tamu minimalis, pilihlah furnitur dengan ukuran compact serta multifungsi.

Terlalu mengikuti tren desain
Tren desain interior akan selalu berganti setiap waktu. Sebenarnya, hal yang baik bila Anda mengikuti tren desain ruang keluarga yang sedang berkembang. Akan tetapi mengikutinya setiap waktu, juga akan membuat dompet Anda terkuras.

Elemen dekorasi yang sedang tren belum tentu terlihat cocok di hunian kesayangan Anda. Maka dari itu, buatlah dekorasi ruang keluarga sesuai karakter dan kesukaan Anda pada gaya desain interior tertentu. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengganti furnitur setiap waktu, apabila tren interior berganti.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda