5 Kota di China Duduki Peringkat Kantor Sewa Termahal di Asia Pasifik

Jones Lang LaSalle Asia Pasifik merilis bahwa beberapa kota di Asia menjadi tempat bagi kantor dengan harga sewa paling mahal di dunia.

Gedung perkantoran Beijing Finance Street yang masuk dalam kantor dengan biaya sewa termahal di dunia menurut JLL. (Foto: som.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Laporan teranyar Jones Lang LaSalle (JLL) Asia Pasifik terhadap Premium Office Rent Tracker (PORT) merilis bahwa beberapa kota di Asia menjadi tempat bagi kantor dengan harga sewa paling mahal di dunia. Lima dari sepuluh kota dengan kategori nilai sewa perkantoran paling tinggi berada di China.

Kelima lokasi perkantoran dengan harga sewa termahal di dunia itu meliputi Beijing Finance Street, Beijing Central Business District, Shenzhen Futian, Shanghai Pudong dan Shanghai Puxi.

Posisi pertama kota dengan harga sewa tertinggi ditempati oleh Central Hong Kong dengan harga per tahun sebesar USD323 per kaki persegi. Harga sewa itu 70% lebih tinggi dari New York Midtown atau West End London.

Baca Juga: JLL: Bisnis Berbasis Teknologi Bawa Angin Segar untuk Ruang Perkantoran di Jakarta

“Kuatnya fundamental pasar di China, serta meningkatnya biaya dan permintaan terus
menerus untuk ruang kantor premium, membawa kawasan-kawasan itu menempati daftar teratas,” kata Jeremy Sheldon, Managing Director, Markets and Integrated Portfolio Services, JLL Asia Pacific.

Lebih lanjut Sheldon mengatakan, di China banyak perusahaan mengisi gedung-gedung perkantoran berkualitas tinggi serta meningkatkan standar mutunya menjadi lebih baik. Sementara itu, perusahaan jasa keuangan domestik mendorong permintaan di kawasan CBD Shanghai,” jelasnya.

Perusahaan-perusahaan yang didirikan di China membutuhkan kantor di kota Beijing dan Shanghai untuk memperluas jangkauan mereka. Hal ini yang kemungkinan akan mendorong lebih banyak permintaan untuk ruang kantor.

Secara umum, harga sewa rata-rata perkantoran di Asia bisa mencapai USD111 per kaki persegi. Nilai tersebut lebih tinggi apabila dibanding dengan harga sewa perkantoran di Amerika Serikat yang mencapai USD85 atau kawasan Eropa, Middle East dan Afrika (EMEA) yang hanya dipatok USD78 per kaki persegi.

Baca Juga: Membaca Arah Perkembangan Bisnis Kantor di Masa Depan

Namun demikian, keragaman ekonomi di Asia juga menawarkan beberapa ruang kerja premium dengan harga paling kompetitif di dunia. “Kuala Lumpur, Manila dan Bangkok merupakan lokasi tiga teratas untuk kantor premium paling terjangkau di seluruh dunia,” ujar Sheldon.

Seiring dengan perkembangan inovasi, perusahaan-perusahaan teknologi lebih banyak berinvestasi pada ruang kantor premium. Banyak perusahaan teknologi memilih sewa kantor premium dengan harga tertinggi.

“Di Asia Pasifik, kami telah melihat sejumlah perusahaan teknologi yang meningkatkan kantor mereka dari virtual office ke kantor konvensional pada umumnya; dan peningkatan dari perkantoran sGrade B ke Grade A,” pungkas Sheldon.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda