5 Tips Mewujudkan Dapur Minimalis di Lahan Hunian Terbatas

Ada banyak cara untuk mengatasi keterbatasan lahan hunian. Salah satunya dengan menerapkan rancangan dapur minimalis yang sanggup mendatangkan kenyamanan dalam aktivitas memasak.

Apartemen Fifty Seven Promenade-RumahHokie.com-Adhitya Putra-DSC_9176
Ilustrasi dapur minamlis - Showunit apartemen 57 Promenade. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki hunian dengan lahan yang terbatas, membuat Anda
harus mencari cara dalam mengatur penataan atau dekorasi untuk setiap ruang, termasuk area dapur.

Seiring dengan tuntutan tersebut, pemilik rumah atau unit apartemen sebenarnya bisa memilih rancangan dapur minimalis. Gaya desain itu dinilai memiliki ukuran yang relatif mungil dan sederhana, sehingga tidak memakan banyak lahan serta mudah untuk dibersihkan.

Walaupun berada di ruang sempit, menerapkan desain minimalis pada area dapur akan mendatangkan kenyamanan pada aktivitas memasak. Nah, berikut ini 5 tips untuk membuat dapur minimalis yang mampu berfungsi optimal di hunian.

Baca Juga : Tips Membuat Dapur Kesayangan Anda Tampil Cantik dan Menarik

Coba untuk menerapkan konsep kitchen island
Menerapkan konsep kitchen island menjadi salah satu opsi agar dapur minimalis Anda berfungsi maksimal.

Model kitchen island memiliki rancangan yakni, meja-kabinet tambahan di tengah dapur yang bisa digunakan sebagai meja makan. Dengan konsep ini Anda tidak perlu memiliki ruang makan yang terpisah dengan dapur.

Gunakan furnitur multifungsi
Dapur minmalis memudahkan aktivitas Anda ketika berada di dapur, jarak antara mengolah makanan, memasak, mencuci bahan makanan hingga menyajikannya berada di area yang saling berdekatan.

Agar lebih efisien, gunakan saja furnitur multifungsi. Contohnya, buatlah penutup bak cuci piring (kitchen sink) yang multifungsi menjadi meja. Ketika penutup diangkat, bak cuci piring dapat dipakai, namun disaat ditutup, akan menjadi sebuah table top yang cukup luas.

Maksimalkan tempat penyimpanan
Karena keterbatasan lahan, Anda harus pintar-pintar dalam mengelola area dapur. Simpan peralatan dapur ke dalam lemari kabinet, agar dapur senantiasa terlihat rapi.

Usahakan jangan biarkan peralatan memasak Anda berantakan di meja dapur. Jika tempat penyimpanan sudah tampak penuh dan tidak lagi memuat perlengkapan dapur Anda, segera declutter isi tempat penyimpanan di dapur Anda.

Baca Juga : Chef Rinrin Marinka: Suka Desain Dapur yang Natural

Gunakan meja bar
Jika tidak memungkinkan membuat ruang makan atau meletakkan meja makan di dekat dapur Anda, gunakan saja meja bar. Konsep ini cocok untuk pasangan yang baru menikah. Dengan meja bar di dapur, dapat menghemat ruang di rumah.

Pikir sebelum membeli
Hindari membeli perlengkapan dapur atau peralatan memasak yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan atau hanya dipakai sesekali.

Ketika Anda melihat barang baru dan terpikir untuk membelinya, tunggulah sampai seminggu. Apakah Anda benar-benar masih memikirkannya karena membutuhkannya atau sudah melupakannya begitu saja karena itu hanya keinginan sesaat.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda