5 Trik Menghadirkan Kamar Anak yang Ideal dan Nyaman

Penataan kamar tidur serta pemilihan elemen interior yang ada di dalamnya, haruslah mempertimbangkan aspek psikologis dan aspek fisik anak-anak.

(Foto: homedee.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Salah satu yang dapat mendukung tumbuh dan berkembangnya kreativitas anak adalah dengan menyediakan kamar tidur sebagai ruang privasinya sendiri. Selain istirahat, mereka bisa menggunakan kamar tidur tersebut untuk belajar dan salah satu arena bermainnya.

Oleh karena itu, penataan kamar tidur serta pemilihan elemen interior yang ada di dalamnya, haruslah mempertimbangkan aspek psikologis dan aspek fisik mereka, terutama untuk anak-anak dengan rentang usia 6 tahun hingga 12 tahun.

Baca Juga: Manjakan Anak, Hadirkan Tema Animasi di Kamar Tidurnya

Khusus untuk furnitur di kamar anak, pemilihan produknya harus terfokus pada sisi keamanan bagi anak-anak, nyaman digunakan, memiliki desain yang lucu dan ceria serta dapat mengakomodir kegiatan anak-anak ketika berada di kamar tidurnya.

Beberapa hal ini pun bisa menjadi pertimbangan untuk anda dalam menghadirkan kamar anak yang nyaman dan ideal. Berikut ini tipsnya.

Sediakan storage

Sediakanlah storage untuk lemari penyimpanan untuk meletakan perlengkapan belajar ataupun koleksi mainan mereka. Tumbuhkan rasa disiplin di diri mereka dengan cara mengajarkan untuk meletakan kembali koleksi mainan mereka ke tempat asalnya.

Gunakan warna cerah dan motif lucu

Gunakanlah skema warna yang cerah, seperti kuning, biru, putih ataupun hijau. Tambahkan pula motif-motif lucu yang bisa anda aplikasikan pada bagian dinding ataupun pemilihan bed cover dengan gambar-gambar kartun favoritnya. Menggunakan skema warna yang cerah dapat membangkitkan keceriaan pada sang anak.

Baca Juga: Lampu Pijarca: Buat Dekorasi Kamar Tidur Anak Semakin Berkarakter dan Lucu

Maksimalkan sirkulasi

Salah satu yang wajib dihadirkan pada rancangan kamar anak adalah jendela atau ventilasi dengan bukaan yang lebar. Hal tersebut dimaksudkan agar sirkulasi udara dan cahaya alami dapat masuk secara maksimal. Dengan begitu ruangan menjadi sehat untuk digunakan anak-anak.

Pasang papan untuk karya anak

Agar menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, anda bisa memasang papan untuk menempel gambar ataupun lukisan hasil karya mereka. Papan ini juga bisa berfungsi menempel foto-foto lucu anda bersama mereka.

Pencahayaan yang nyaman

Elemen interior yang juga wajib menjadi perhatian khusus ketika merancang kamar anak adalah pencahayaan dari lampu. Aturlah tata letak dan penggunaan lampu, baik yang di plafon, lampu di meja belajar maupun lampu di dekat ranjang. Hadirkan pencahayaan yang membuat anak-anak nyaman disaat melakukan aktivitasnya di kamar tidurnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda