5 Trik Menghemat Pengeluaran Dana Renovasi Rumah Jelang Lebaran

Agar biaya renovasi rumah tidak membengkak dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki, tentunya Anda perlu membuat perencanaan yang matang.

building house on blueprints with worker - construction project
(Foto: equalitis)

RumahHokie.com (Jakarta)Hari Raya Idul Fitri biasanya akan digunakkan sebagai waktu bersilaturahim bersama keluarga dan kerabat dekat. Saling bertemu dan mengunjungi satu sama lain di rumah, menjadi momen yang membahagiakan.

Ada kalanya, dalam mempersiapkan momen tersebut sang pemilik rumah akan melakukan renovasi huniannya terlebih dahulu.

Agar biaya renovasi rumah tidak membengkak, tentu Anda perlu membuat perencanaan yang matang. Pikirkan bagian rumah mana saja yang memang perlu segara dilakukan renovasi.

Baca Juga : Perbaikan Rumah Terganjal Biaya, Coba Ajukan Kredit Renovasi

Berikut ini merupakan 5 trik yang bisa menjadi acuan, agar proses renovasi berjalan
efisien dan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

Periksa kondisi bangunan
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi bangunan rumah guna
mengetahui sejauh mana perbaikan perlu dilakukan.

Jika terjadi kerusakan pada bagian utama rumah, seperti rangka atap mulai keropos, kebocoran pada saluran air atau dinding ruangan mengalami keretakan, maka renovasi besar harus segera dilakukan. Akan tetapi, jika kerusakan terbilang minor, misalkan saja cat dinding yang mengelupas, maka renovasi tak perlu memakan banyak biaya.

Tentukan konsep desain
Apabila ingin mengubah susunan ruang (layout) dan konsep desain interior secara menyeluruh, misalnya meningkat rumah atau mengganti fungsi ruang. Maka yang harus Anda lakukan adalah menentukan konsep desain serta mendata kebutuhan ruang terlebih dulu sebelum renovasi rumah dilakukan.

Baca Juga : Maksimalkan Renovasi Unit Apartemen, Perhatikan 5 Hal Ini!

Survei harga material bangunan saat ini
Trik yang juga Anda perlu lakukan sebelum proses renovasi rumah dikerjakan adalah rajin-rajin untuk melakukan survei harga material bangunan saat ini. Bandingkan harga material bangunan yang ingin Anda gunakan pada beberapa toko material bangunan.

Disarankan ketika berbelanja kebutuhan bahan bangunan sebaiknya dilakukan oleh Anda sendiri. Hal ini jauh lebih efisien, karena Anda bisa mengontrol dana dengan cara membeli barang sesuai kebutuhan.

Cermat menghitung pembayaran tukang
Anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan atau kontraktor untuk mengerjakan proses renovasi. Namun jika Anda memilih jasa tukang, maka cermatilah dalam sistem pembayarannya.

Ada dua tipe pembayaran tukang, yakni sistem harian atau borongan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pertimbangkan penggunaan material bekas
Untuk menghemat biaya renovasi, Anda bisa pula memanfaatkan material bangunan bekas yang masih layak pakai dari bangunan lama. Misalnya mengolah kayu bekisting jadi railing tangga atau besi pagar menjadi teralis.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda