6 Inspirasi Rancangan Ruang Kerja yang Nyaman Diterapkan di Rumah

Memiliki ruang kerja pribadi di rumah yang nyaman serta didesain dengan berdasarkan gaya kesukaan akan mendatangkan tambahan semangat dalam bekerja.

Tampilan yang simple dengan warna-warna netral, menjadi ciri khas dari gaya interior skandinavian. (Foto: Pinterest.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi anda yang memiliki profesi sebagai pekerja kantoran maupun pekerja lepas (freelancer), memiliki ruang kerja di rumah menjadi sebuah keharusan. Ada kalanya, tumpukan pekerjaan mengharuskan anda untuk menyelesaikannya di rumah.

Memiliki ruang kerja pribadi di rumah yang nyaman serta didesain dengan berdasarkan
gaya kesukaan dan kebutuhan, tentunya akan mendatangkan tambahan semangat dalam bekerja.

Sebenarnya, tidak ada ketentuan khusus mengenai posisi dan desain ruang kerja. Anda bisa menempatkannya dimana saja, sesuai kebutuhan dan selera, asalkan bisa mendatangkan fokus ketika bekerja.

Misalnya saja, anda bisa menghadirkan ruang kerja yang menyatu dengan kamar tidur utama ataupun memanfaatkan area kosong yang lebar pada bawah tangga.

Baca Juga: Yuk, Ciptakan Ruang Kerja yang Menarik dan Nyaman di Rumah

Berikut ini 6 inspirasi gaya rancangan ruang kerja yang bisa anda pilih dalam
membangun ruang kerja pribadi di rumah.

Ruang Kerja Scandinavian

Karena terkesan simple, gaya ini banyak diterapkan oleh kalangan anak muda. (Foto: Pinterest.com)

Clean, sleek and simple merupakan ciri khas dari ruang kerja bergaya Scandinavian. Banyak kalangan milenial menyukai gaya tersebut karena tampilannya yang sederhana, namun terkesan elegan.

Ruang kerja ini didominasi dengan furnitur kayu finishing white washed yang memiliki desain ‘ramping’. Anda dapat memadu-padankan rancangan gaya Scandinavian bersama
palet cat warna netral, seperti putih dan juga dikombinasikan dengan pemakaian
aksesoris berwarna pastel seperti krem atau cokelat muda.

Ruang Kerja Modern

Kesan elegan nampak pada gaya ruang kerja modern. (Foto: blinkback.co.uk)

Gaya desain ruang kerja ini yang paling umum diterapkan pada rumah tinggal. Pemilik rumah cukup memilih meja dan kursi kerja berdesain modern, lalu dikombinasikan dengan elemen dekoratif seperti lampu meja dengan bentuk yang tak futuristik.

Ruang Kerja Colorful Minimalist

Jika anda sesorang yang menyukai permainan warna dan desain yang simple, ruang kerja dengan gaya minimalis berwarna ini bisa menjadi pilihan yang tepat. (Foto: homesfeed.com)

Anda menginginkan ruang kerja yang terlihat ceria dan dinamis? Cobalah untuk menggunakan lebih dari satu warna pada ruang kerja. Anda bisa memadupadankan furnitur kayu, dengan beragam warna melalui penggunaan elemen dekoratif seperti lukisan berwarna-warni, lampu meja ataupun pernak-pernik lainnya.

Baca Juga: Meja Kerja yang Pas untuk Ruangan Sempit

Ruang Kerja di Bawah Tangga

Jika di rumah tersedia sisa lahan di bawah tangga, anda bisa pula memanfaatkannya sebagai ruangan kerja pribadi, (Foto: Idenarumah.com)

Daripada area bawah tangga rumah anda kosong, cobalah manfaatkan area tersebut menjadi ruang kerja pribadi yang dilengkapi dengan rak penyimpanan dokumen kerja.
Jika tidak memungkinkan meletakkan meja kerja, maka ganti dengan ambalan yang berfungsi sebagai meja. Kemudian hiasi area ruang kerja pribadi anda dengan berbagai ornamen dekoratif, agar lebih eye catching.

Ruang Kerja Industrial

Nuansa maskulin nampak terasa pada ruang kerja dengan desain gaya industrial. (Foto: decoist.com)

Gaya industrial yang terkesan maskulin, memang sedang digemari akhir-akhir ini. Menerapkannya pada ruang kerja pribadi anda akan sangat cocok. Gaya industrial memiliki bukaan yang luas, memungkinkan sirkulasi udara dan pencahayaan dapat masuk secara maksimal, sehingga mampu menghadirkan suasana kerja yang nyaman.

Ruang Kerja Mid-Century

Gaya desain mid-century, umumnya menggambarkan perkembangan abad 20 dalam desain modern dan pembangunan perkotaan. (Foto: pranayacoffee.com)

Dilansir dari laman arsitag.com, mid-century modern adalah gaya arsitektur, interior, produk, dan desain grafis yang umumnya menggambarkan perkembangan abad 20 dalam desain modern dan pembangunan perkotaan.

Gaya rancangan ini merupakan ide yang diciptakan oleh orang-orang yang percaya bahwa desain yang terlihat maju dan berpikir ke masa depan dapat menjadi sarana munculnya
perubahan sosial untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik. Ruangan kerja bergaya mid-century, cocok bagi anda pekerja yang berpikiran visioner.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda