Agar Paving Block Terlihat Sempurna, Ketahui Dulu Pemasangannya

Paving block biasa difungsikan sebagai lantai eksterior. Dengan bentuk serta warnanya, penempatan material ini juga mampu menciptakan nilai estetika yang menawan.

Selain di car port, Paving block juga bisa ditempatkan pada pedestrian taman

RumahHokie.com (Jakarta) – Oleh sebagian arsitek, material satu ini biasa difungsikan sebagai lantai eksterior. Karena bentuk dan warnanya menarik, penggunaan paving block difungsikan pula sebagai pemanis tampilan.

Saat musim hujan melanda misalnya, penggunaan paving block di area luar seperti pada pedestrian taman ataupun carport bisa jadi solusi cerdas. Ya, lantai eksterior satu ini juga dapat difungsikan sebagai area resapan air.

Penempatan material tersebut juga mampu menciptakan nilai estetika yang menawan. Pilihan bentuk serta warnanya dapat diolah semenarik mungkin. Namun bila pemasangannya kurang rapi, justru menimbulkan masalah baru. Terlebih, jika paving block itu sering dilalui kendaraan.

Lalu, bagaimana mengetahui pemasangan yang baik, agar permukaan paving block dapat terlihat sempurna.

pavingblock-rumahhokie-dedy mulyadi-dok

Sebelum material ini diterapkan sebagai lantai eksterior, sebaiknya lahan yang nantinya jadi area penempatan paving block harus dibersihkan terlebih dahulu.

Bersihkan dan buang lapisan tanah atas yang lunak. Kemudian, padatkan dengan stamper. Jika area tersebut luas, pemadapatan tanah bisa menggunakan roller.

Untuk pemadatan yang baik, pastikan bahwa tanah jangan terlalu kering, tapi juga jangan terlampau basah, istilah tekniknya mendekati optimum moisture content.

Setelah dipadatkan, beri lapisan pasir dengan tebal minimum 50mm. Jika lahannya sudah siap, barulah paving block dipasang dengan rapat.

Berikutnya, taburkan dan ratakan butiran pasir yang halus untuk mengisi permukaan tepi paving block. Tujuannya untuk mencegah adanya pergerakan.

Untuk menciptakan kesan estetis, pada tepiannya bisa diberikan rumput halus guna menciptakan nuansa hijau. Lebih bagus lagi, sudut-sudut tertentu ditanamkan tumbuhan.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan dengan baik. Kombinasikan warna dan bentuk paving block agar dapat tersusun dan terlihat dengan baik. Pastikan bahwa, pemasangannya menciptakan estetika bentuk yang menarik.

Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda