Agar Terjaga, Lantai Satu Ini Butuh Perawatan Khusus

Media pijakan kaki berbahan kayu ini memiliki sifat yang rentan terhadap kelembapan termasuk juga goresan. Untuk menjaganya lakukan perawatan dengan metode ini.

Untuk menghindari goresan, sebaiknya lakukan pembersihkan secara berkala.

RumahHokie.com (Jakarta) – Hari libur adalah waktu yang tepat untuk membersihkan elemen dalam rumah, termasuk juga membersihkan lantai.

Dalam sebuah rumah, lantai merupakan salah satu elemen terpenting dari struktur rumah. Fungsi utamanya selain tumpuan kaki berpijak juga sebagai tempat berdirinya semua furnitur yang ada di rumah.

Agar kondisi lantai tetap terjaga dengan baik, ada kalanya Anda wajib merawatnya secara rutin. Apalagi jika lantai tersebut berbahan kayu (parket), perawatan yang mesti dilakukan butuh perlakuan khusus.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Lantai Marmer, Ikut Langkah Ini

Media pijakan kaki berbahan kayu ini memiliki sifat yang rentan terhadap kelembapan termasuk juga goresan. Agar terhindar dari goresan, sebaiknya membersihkannya tidak menggunakan lap pembersih yang kasar.

Akan lebih baik jika membersihkannya menggunakan air hangat atau lap pembersih yang halus. Berikut adalah beberapa trik mudah untuk membersihkan lantai kayu.

Membersihkan Dengan Kain
Pertama, menyapu lantai secara teratur, bersihkan debu dengan menggunakan lap pel kering pada permukaan lantai setiap hari untuk menghilangkan kotoran.

Meskipun lantai kayu terbilang anti gores, namun kotoran berlebih seperti partikel-partikel kecil yang terbawa ke dalam rumah dapat menyebabkan goresan jika dibiarkan dan tidak dibersihkan.

Selain menggunakan pel kering, Anda juga bisa menggunakan alat penyedot debu dengan sambungan sikat yang lembut. Hindari penggunaan sikat lantai berbahan yang keras, sikat itu dapat merusak permukaan lantai.

Sapu sesuai arah lantai kayu. Dengan begitu, memungkinkan kotoran yang berada di sela-sela lantai itu akan mudah terangkat. Jika permukaan lantai terdapat cairan yang tumpah, segera bersihkan. Gunakan kain atau spons untuk membersihkannya.

Ingat satu hal, pelapis lantai kayu akan mudah rusak jika genangan air dibiarkan terlalu lama. Genangan air ataupun cairan tersebut dapat meresap ke lapisan lantai kayu dan menyebabkan kayu mudah keropos atau lembap.

Langkah yang mesti dilakukan adalah dengan menyerap cairan menggunakan kain kering atau spons untuk membersihkan pada area tumpahan untuk menghilangkan sisa air.

Merawat Menggunakan Metode Air hangat
Merawat lantai kayu juga bisa menggunakan metode air hangat. Air tidak perlu hingga mendidih, tetapi air tersebut harus lebih dari hangat.

Perawatan ini dapat dilakukan secara berkala minimal setiap bulan. Membersihkannya bisa dilakukan dengan mengepel lantai secara menyeluruh, ketika lantai tersebut sudah terlihat kotor.

Metode ini merupakan trik mudah yang paling ampuh untuk membersihkan lantai kayu. Jika dilakukan dengan benar, hal ini juga dapat dijadikan sebagai metode mengantisipasi goresan terhadap lantai kayu.

Cara ini tidak akan merusak lapisan pada lantai kayu, karena air adalah pembersih yang ringan dan halus.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda