Akhir Pekan Tiba, Lakukan 4 Hal Ini Agar Rumah Tampil Cantik!

Mungkin ketika hari kerja, anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus rumah. Akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk melakukan semua rencana yang tertunda.

(Foto: Shutterstock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Akhir pekan selalu menjadi hari yang menyenangkan
berkumpul bersama keluarga, bersantai, ataupun berolahraga. Tak terkecuali untuk melakukan kegiatan yang dapat memperindah tampilan rumah.

Mungkin ketika hari kerja, anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus rumah. Akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk melakukan semua rencana yang tertunda. Ketika memutuskan untuk mengubah tampilan rumah, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan untuk membuat hunian anda bersih dan indah.

Namun, bila bingung harus memulainya dari mana, beberapa ide di bawah ini dapat membantu anda untuk mempercantik rumah di hari libur.

Baca Juga: Susah dalam Membersihkan Noda Pada Keramik? Simak Tipsnya Berikut Ini

Membersihkan rumah

Hari libur biasanya anda akan memiliki waktu luang yang panjang. Manfaatkanlah untuk membersihkan ruang-ruang di rumah anda. Mulailah dari ruang tamu hingga ke bagian gudang rumah. Jika anda memiliki waktu yang terbatas untuk membersihkan rumah dan bingung mau memulai dari mana, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan.

Agar kegiatan bersih-bersih rumah lebih ringan, bagi daftar pekerjaan yang telah dibuat kepada anggota keluarga anda. Lakukanlah pembagian sesuai dengan porsinya.

Menyortir barang tak terpakai

Sudah saatnya pula bagi Anda memilih dan menyortir berbagai barang yang sudah tidak diperlukan yang telah menumpuk di gudang. Apabila berpikir ingin menggunakannya lagi, gunakan kreativitas anda agar barang tak terpakai tersebut bisa dimodifikasi dan dijadikan fungsi yang berbeda. Misalkan saja, krat minuman bersoda yang bisa anda fungsikan sebagai kursi ataupun rak sepatu.

Baca Juga: Biar Tidur Nyaman, Yuk Bersihkan Kasur Dari Noda Membandel

Memperbaiki bagian rumah yang rusak

Rencana ini sebaiknya tidak perlu ditunda. Segera perbaiki bagian rumah yang rusak,
entah itu pintu, atap, atau jendela. Terlebih, akhir tahun menjadi periode musim hujan. Memperbaiki atap yang bocor sebelum hujan melanda, merupakan langkah persiapan yang cerdas. Memastikan kondisi rumah tetap prima, dapat menjaga kenyamanan hunian anda.

Mengelola perkarangan rumah

Akhir pekan juga merupakan waktu yang cocok untuk mengelola dan merawat tampilan perkarangan rumah anda. Tambahkan beberapa tanaman, agar tampilannya lebih asri. Jika lahannya tak cukup, anda bisa menggunakan pot yang digantungkan pada bagian dinding.

Mulailah dari tanaman yang mudah untuk dirawat dan sesuai dengan iklim lingkungan sekitar.
Tanaman sansevieria atau lidah mertua merupakan contohnya. Selain cantik, tumbuhan tersebut dapat bertahan dengan kondisi sedikit air, serta dapat menyerap zat-zat beracun.

Selamat berakhir pekan!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda