AkzoNobel Ajak Arsitek Lokal untuk Ciptakan Ruang Hunian yang Inovatif

Melalui kompetisi Universal Design for Living, AkzoNobel menantang para arsitek untuk menciptakan ruang hunian yang bersifat ramah bagi pengguna, inspiratif dan menyenangkan bagi semua orang.

AkzoNobel, Dulux, Universal Design for Living, Dulux Designer Awards 2018, desainer interior, arsitek
Peluncuran inspirasi warna Dulux yang dilakukan oleh AkzoNobel beberapa waktu lalu. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis global serta produsen merek Dulux, mengajak para arsitek lokal dan desainer interior untuk menciptakan kreasi rancangan ruang hunian mereka.

Melalui kompetisi Universal Design for Living yang diselenggarakan bersamaan dengan ajang Dulux Designer Awards 2018, AkzoNobel ingin memunculkan beragam inovasi sekaligus potensi yang dimiliki oleh arsitek maupun desainer interior Indonesia dalam menciptakan tren lokal di masyarakat.

Produsen cat tersebut menantang para peserta untuk menciptakan ruang hunian yang bersifat ramah bagi pengguna (user-friendly), inspiratif dan menyenangkan bagi semua orang, di lahan bangunan seluas 36 meter persegi hingga 45 meter persegi.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Pemkot Salatiga, AkzoNobel Warnai Kampung Pancuran

Anastasia Tirtabudi, Head of Brand & Consumer Marketing, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), menjelaskan gagasan di balik penyelenggaraan kompetisi ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan melalui rancangan rumah.

“Kami berharap ajang ini tidak hanya sekadar memberikan pengakuan dan dukungan kepada kaum profesional, namun juga mendukung pengembangan standar dan industri desain di Indonesia secara keseluruhan,” ujar Anastasia seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (22/11/2018).

Kompetisi Universal Design for Living terbagi dalama dua kategori, yakni ‘Best Design’ (desainer proofesional) dan Most Inspiring Design (mahasiswa).

Baca Juga: AkzoNobel Buka Peluang Kerjasama dengan Perusahaan Rintisan Global

Pendaftaran kompetisi dibuka sejak 01 Oktober hingga 31 Desember 2018. Sedangkan pemenang akan diumumkan pada Januari 2019 mendatang.

Adapun tim panel juri terdiri dari Lea Aviliani Aziz (Himpunan Desainer Interior Indonesia); Ary Indra (Ikatan Arsitek Indonesia); desainer interior Faried MS Masduki; psikolog Ajeng Raviando; dan Anastasia Tirtabudi.

Baca Juga: Akzonobel Gelontorkan 270 Juta Euro untuk Produk Berkelanjutan

Diantara yang menjadi poin penilaian antara lain, rancangan harus memenuhi kriteria aksesibilitas, sirkulasi, pencahayaan, ventilasi dan pemanfaatan dimensi ruangan yang baik.

Selain itu, rancangan juga harus memasukkan aspek-aspek Green Building untuk keberlanjutan. Serta menggunakan Dulux ColourFutures 2019 dalam skema warna.

Sementara itu, Lea Aviliani Aziz, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia, menerangkan bahwa pentingnya desain untuk kesejahteraan masyarakat.

“Para arsitek maupun desainer interior harus ingat bahwa dalam merancang suatu hal, daya imajinasi kita tidak boleh dibiarkan menjalar bebas begitu saja. Alangkah baiknya jika ide-ide tersebut dapat disesuaikan, sehingga mampu meningkatkan pengalaman hidup banyak orang,” pungkasnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda