Alami Sejumlah Kerusakan, Kementerian PUPR Akan Revitalisasi Rusunawa Margaluyu

Rusunawa Margaluyu, Serang, dibangun pada tahun 2016 lalu. Hunian vertikal tersebut dirancang setinggi lima lantai dan memiliki 114 unit hunian dengan tipe 24.

Kementerian PUPR, Rusunawa Serang
Rusunawa yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Serang) – Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan revitalisasi pada bangunan rumah susun sewa (Rusunawa) di Kelurahan Margaluyu, Serang, Banten.

Dalam siaran pers yang dirilis, Rabu (24/07/2019), Tatang Supiatna, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, menerangkan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, Rusunawa Margaluyu saat ini mengalami kerusakan di beberapa bagian seperti furnitur, bagian plafon dan beberapa pintu kamar.

“Kami akan segera melakukan revitalisasi terhadap beberapa bagian Rusunawa. Dengan begitu, nantinya bisa segera dihuni oleh masyarakat Serang yang memang membutuhkan hunian layak,” ujar Tatang.

Baca Juga: Dorong Perumahan Berbasis Komunitas, Kementerian PUPR Kenalkan BPS Land Palembang

Dia menambahkan, rencananya proses revitalisasi fisik akan dimulai pada awal Agustus 2019 nanti. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Serang terkait renovasi rusunawa tersebut.

“Saat ini prosesnya revitalisasi sedang memasuki masa tender,” terangnya.

Tatang Supiatna berharap Pemerintah Kota Banten untuk segera mengajak dan mengkoordinasikan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk segera menghuni Rusunawa tersebut setelah proses revitalisasi selesai.

Baca Juga: 18 Bank Rekanan Kementerian PUPR Sukses Salurkan KPR FLPP

“Kami minta perhatian dari Pemkot Serang, khususnya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman untuk segera mengajak masyarakat menghuni Rusunawa, setelah proses revitalisasi selesai,” kata Tatang.

Hal itu perlu dilakukan, karena menurutnya masih banyak masyarakat Serang yang membutuhkan rumah yang layak huni.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, Rusunawa Margaluyu dibangun pada tahun 2016 lalu. Hunian vertikal tersebut dirancang setinggi lima lantai dan memiliki 114 unit hunian dengan tipe 24.

Baca Juga: Kementerian PUPR Serahterimakan 50 Unit Rumah Khusus Nelayan di Boalemo

Pihak Satuan Pengembangan Perumahan juga telah melakukan serah terima kunci kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Serang pada bulan Agustus 2017 lalu.

Sementara itu, sejalan dengan harapan Kementerian PUPR, Nofriady Eka Putra, Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Serang, menyatakan akan segera melakukan proses penetapan calon penghuni rumah susun.

“Kami akan segera menentukan penempatan penghuni, setelah pekerjaan revitalisasi selesai dilaksanakan Kementerian PUPR. Kami juga siap melengkapi persyaratan administrasi serah terima aset Rusunawa ini,” pungkas Nofriady.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda