Alasan Mengapa Anda Harus Menerapkan Pencahayaan Rumah yang Optimal

Tanpa adanya kehadiran sistem pencahayaan rumah yang optimal, sebuah ruangan belum tentu dapat berfungsi secara baik, sehingga kenyamanan penghuni pun akan terganggu.

pencahayaan rumah, membuat sistem pencahayaan optimal
(Foto: sobhome)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pencahayaan menjadi elemen penting dalam sebuah bangunan, terutama rumah. Dengan mengaplikasikan tata pencahayaan yang baik dan sesuai kebutuhan, akan memberikan rasa nyaman kepada pengguna ruangan.

Tanpa adanya kehadiran sistem pencahayaan yang optimal, sebuah ruangan belum tentu dapat berfungsi secara baik. Hal itu akan berdampak pada terhambatnya aktivitas pengguna ruangan.

Untuk memperoleh penerangan yang baik bagi interior hunian, bisa dilakukan dengan menggabungkan pencahayaan alami yang datang dari sinar matahari dan pencahayaan buatan, yang berasal dari lampu.

Baca Juga: Begini Pengaturan Pencahayaan Berdasarkan Kebutuhan Ruang

Namun demikian, masih banyak pemilik rumah yang tidak begitu memperhatikan sistem pencahayaan yang diaplikasikan di huniannya.

Berikut ini beberapa alasan mengapa pemilik rumah perlu mulai memperhatikan sistem pencahayaan di dalam rumahnya.

Mendukung fungsi ruang
Terdapat beberapa sistem pencahayaan yang masing-masingnya menghasilkan efek dan intensitas penerangan yang berbeda, seperti ambient, task lighting, dan accent lighting.

Baca Juga: 3 Ide untuk Menghadirkan Pencahayaan di Dalam Ruangan

Untuk mendukung fungsi ruang, ketiga sistem pencahayaan tersebut umumnya dikolaborasikan dalam satu ruangan.

Ambient lighting digunakan untuk memberikan penerangan sentral keseluruhan ruangan. Sedangkan, task lighting menghasilkan penerangan yang lebih fokus ke salah satu ruangan, contohnya area dengan aktivitas ramai, seperti dapur. Sementara itu, accent lighting berfungsi memberikan pencahayaan pelengkap bagi sebuah ruang.

Menciptakan karakter pada ruang
Tidak sekadar menerangi ruangan, sistem pencahayaan turut pula berperan dalam menciptakan karakter dan suasana dari ruang-ruang yang ada pada hunian.

Baca Juga: 4 Elemen Ini Dapat Menghadirkan Nuansa Hangat pada Ruang Tamu Anda

Masing-masing ruangan memiliki fungsi yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan kesan dan suasana yang berbeda pula. Misalkan di area komunal seperti ruang tamu dan ruang keluarga, pencahayaan cenderung dibuat hangat.

Mampu menghadirkan ilusi ruang
Bagi pemilik rumah minimalis, tentu harus cermat dalam mengatur dekorasi ruangan pada hunian, agar tampilan tidak terkesan sempit dan berantakan.

Nah, sebenarnya ada cara lain untuk menghadirkan ilusi ruang tampak lebih besar. Salah satunya dengan aplikasi sistem pencahayaan yang baik. Ruangan dengan keterbatasan luas, membutuhkan intensitas pencahayaan yang lebih besar untuk bisa terlihat lebih lapang.

Apabila tidak ada sistem pencahayaan yang baik, hunian minimalis akan terasa pengap. Kolaborasi pencahayaan alami dari sinar matahari dan penerangan buatan, sama-sama dapat mendatangkan ilusi ruang menjadi lebih terlihat lapang.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda