Alasan Mengapa Gaya Rumah Minimalis Cocok untuk Anda

Jika masih ragu menentukan gaya arsitektur seperti apa yang ingin diterapkan pada bangunan rumah Anda, ada beberapa alasan mengapa desain rumah minimalis cocok menjadi pilihan.

Minimalist Home Design Ideas Small Modern Minimalist House Home
(Foto: rockstavern)

RumahHokie.com (Jakarta) – Tampilan rumah merupakan cerminan sang pemiliknya. Bagi sebagian masyarakat perkotaan, gaya rancangan minimalis masih menjadi pilihan utama ketika mereka ingin membangun ataupun membeli hunian.

Hingga saat ini gaya arsitektur minimalis modern masih menjadi tren dibanyak kota di Indonesia. Walaupun demikian, ada banyak orang yang tidak menyukainya karena dianggap memiliki kesan kaku dan dingin.

Jika masih ragu menentukan  gaya arsitektur seperti apa yang ingin diterapkan pada bangunan rumah Anda, ada beberapa alasan mengapa desain rumah minimalis cocok untuk menjadi pilihan.

Baca Juga : Gaya Kamar Tidur Modern Minimalis yang Romantis Ala Milenial

Bentuk yang minimalis akan menenangkan
Disadari atau tidak, bentuk bangunan dan ruang dapat mempengaruhi perasaan penghuninya. Identik dengan bentuk-bentuk geometris yang sederhana, rancangan gaya minimalis akan membuat Anda merasa lebih tenang.

Hal tersebut dikarenakan tidak banyak stimulus yang masuk ke otak Anda akibat dari bentuk desain tersebut. Secara otomatis maka Anda akan merasa lebih tenang, karena otak bekerja lebih sedikit.

Lebih mudah dibersihkan
Konsep rancangan gaya minimalis pada hunian menekankan pada bentuk yang sederhana dan tak terlalu banyak menggunakan aksesori. Banyak rumah dengan gaya tertentu menggunakan beragam ornamen dekoratif.

Rumah dengan gaya minimalis tidak akan mengumpulkan banyak debu. Tidak hanya itu, karena desainnya yang sederhana, rumah dengan gaya tersebut cenderung akan lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga : Terbuat dari Pipa Beton, Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Hunian di Perkotaan

Ruangan terasa lapang
Desain rumah yang menerapkan gaya minimalis, tidak akan memakai banyak elemen dekoratif. Tampilan ruangan diusahakan se-sederhana mungkin, namun tetap memiliki kesan yang elegan.

Hal tersebut akan membawa pengaruh terhadap ketersediaan ruang yang lebih lega. Bangunan dengan gaya minimalis juga didominasi oleh banyaknya bukaan, sehingga ruangan
akan terasa lebih terang dan sirkulasi udara menjadi lebih terbuka.

Skema warnanya yang menyejukan
Gaya bangunan dengan rancangan minimalis pada umumnya menggunakan skema warna netral yang menyejukan mata, seperti putih, abu-abu ataupu warna krem. Kalaupun ada warna-warna terang yang dipakai, seperti merah, kuning dan sebagainya, hanya sebagai aksen ruangan saja.

Jadi, apakah sudah lebih yakin untuk memilih gaya rancangan minimalis pada hunian Anda?

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda