Alih Fungsi Carport Jadi Balkon, Ini Dia Bentuknya

Selain berfungsi sebagai area parkir kendaraan, sudut ruang ini juga memiliki fungsi sebagai area publik bagi penghuni.

Foto : Rumahminimalis.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Keterbatasan lahan bukan hambatan dalam mengeksplorasi tampilan luar rumah. Agar satu ruang memiliki dua fungsi, trik termudah adalah mengeksplorasi sudut carport menjadi balkon.

Selain berfungsi sebagai area parkir kendaraan sang empunya, sudut ruang ini juga memiliki fungsi sebagai area publik bagi penghuni. Atap garasi mobil rumah yang tadinya hanya biasa saja, kini bisa dikembangkan menjadi ruang santai keluarga.

Untuk konsep rumah bergaya minimalis, alih fungsi carport merupakan trik paling cermat untuk menghasilkan ruang alternatif yang jarang terpikirkan. Ya, dengan adanya penambahan ruang jadi gerak aktivitas penghuni jadi lebih maksimal.

Ingin terlihat seimbang, strukturnya bisa diterapkan menyatu dengan bangunan, tampilannya dapat dibentuk menyesuaikan kebutuhan ruang, tentunya memadukan konsep desain rumah tersebut.

Jika ingin mendapatkan estetika bentuknya sesuai fungsi, Anda dapat menuangkan material kayu ataupun material lainnya.

Atap car port dapat difungsikan sebagai balkon
Atap car port dapat difungsikan sebagai balkon

Supaya cantik, bentuknya dapat mengadopsi pola grid, melintang atau berjajar. Meski menampilkan kesederhanaan bentuk tapi tetap menghasilkan nilai estetika yang menawan.

Struktur atap carport dapat disangga langsung ke tanah maupun digantung atau ditarik dengan menggunakan kawat baja dan ditambatkan ke dinding bangunan.

Untuk memanfaatkan fungsi ruang yang maksimal dan tidak mengganggu akses penghuni dari dalam rumah. Anda dapat menempatkan akses khusus berupa tangga menuju teras di atas carport.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda