Anda Menumpahkan Kopi di Karpet, Begini Cara Membersihkannya!

Dengan cara pembersihan yang tepat ketika karpet kesayangan tak sengaja terkena tumpahan kopi, akan membuat tampilannya bagus kembali.

Semakin Anda cepat mencuci karpet yang terkena tumpahan air kopi, semakin mudah pula Anda menghilangkan noda yang ditimbulkannya. (Foto: kopinian.blogspot.co.id)

RumahHokie.com (Jakarta) – Tak sengaja menumpahkan kopi di karpet kesayangan Anda? Jangan panik! Anda hanya perlu membersihkannya secara benar saja, agar noda air kopi tak betah menempel di permukaan karpet.

Umumnya, karpet terbuat dari bahan fiber yang mudah menyerap cairan. Apabila sedikit saja terkena tumpahan air kopi, karpet akan cukup sulit untuk dibersihkan.

Langkah pertama yang terpenting apabila karpet terkena noda kopi adalah dengan cara menyekanya sesegera mungkin menggunakan kain handuk atau lap bersih.

Jangan pernah menggosok-gosokkan kain lap ke tumpahan tersebut, sebab justru akan membuat nodanya semakin melebar. Anda perlu menekan-nekan tumpahan air kopi, agar terserap ke dalam kain lap sampai mengering.

Baca Juga: Trik Ini, Cara Sederhana Bersihkan Karpet dari Tetesan Lilin

Setelah dilap, kemudian taburkan satu sendok makan baking powder tepat di atas permukaan karpet yang terkena tumpahan kopi. Hindari menggunakan cuka karena bisa merusak serat kain karpet.

Jika masih terdapat noda air kopi yang menempel atau noda sudah terlanjur kering pada permukaan karpet, anda harus mencucinya. Untuk mencuci karpet, siapkan air yang kondisinya hangat-hangat kuku. Lalu, celupkan permukaan karpet yang terkena noda ke air hangat ini selama beberapa kali.

Kemudian, oleskan deterjen lembut secukupnya di atas permukaan karpet yang bernoda. Gosoklah permukaan karpet yang terkena noda dengan menggunakan sikat berbulu halus dengan gerakan searah. Ulangi proses penyikatan tersebut sampai noda kopi di karpet berhasil menghilang.

Baca Juga: Ingin Sofa Berbahan Kain Anda Terlihat Bersih, Cobalah Cara Ini

Untuk membilasnya, siapkan air dingin di dalam ember. Rendamlah permukaan karpet yang telah disikat tadi ke dalam air dingin selama 30-45 menit.

Sebagai langkah terakhir, Anda bisa membilas karpet yang telah dicuci ini di air yang mengalir. Periksa kembali permukaan karpet yang terkena noda kopi. Bila noda kopi masih agak terlihat, Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas sekali lagi.

Dengan penanganan yang benar dan cepat, noda kopi pada permukaan karpet kesayaangan anda akan hilang. Selamat mencoba!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda