Antisipasi Penyebab Kerusakan Lantai Keramik Ini Solusinya

Salah satu kerusakan lantai bisa terjadi karena melebarnya permukaan tanah. Kondisi ini akibat tekanan dari dalam tanah, bisa juga karena adanya gas, kandungan air,dan perubahan iklim.

Trik mencegahnya, sebaiknya pada saat finishing tegel lantai diusahakan untuk pemasangannya tidak terlalu rapat. Foto: caratercepat.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Permukaan lantai di rumah mengalami keretakan dan merusak keramik adalah hal yang menyebalkan. Kerusakan itu tentunya akan mengganggu aktivitas Anda. Lalu apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Untuk mengetahui kasus ini, langkah yang perlu dicermati adalah mengetahui dulu penyebabnya. Berikut ini ulasan yang perlu Anda diketahui.

Penyebab utama yang menimbulkan kerusakan lantai tegel adalah pondasi rumah yang mengalami gangguan. Kondisi ini biasanya struktur tanah yang tidak stabil. Bisa jadi, kondisi di dalam tanah rumah tersebut terserang rayap.

Baca juga: Agar Terjaga, Lantai Satu Ini Butuh Perawatan Khusus

Untuk mencegahnya, sebelum membangun rumah Anda wajib mencermati dengan melakukan penyemprotan tanah dengan pembasmi rayap. Usahakan untuk mengetahui dulu kondisi tanahnya, apakah rentan terhadap rayap? Upayakan tanah terbebas dari kehadiran rayap.

Sedangkan untuk mengatasi kerusakan lantai yang bersifat ringan, Anda bisa menambal area yang retak dengan adonan semen, lalu tutup kembali dengan tegel.

Penyebab lain kerusakan lantai bisa terjadi karena melebarnya permukaan tanah. Kondisi ini akibat tekanan dari dalam tanah, bisa karena adanya gas, kandungan air, perubahan temperatur.

Trik mencegahnya, sebaiknya pada saat finishing lantai diusahakan untuk memasang tegel tersebut tidak terlalu rapat. Pertimbangan resiko ini bertujuan untuk mempersiapkan ruang jika sewaktu-waktu permukaan tanah mengembang atau melebar.

Hal lain penyebab kerusakan lantai bisa terjadi karena komposisi materialnya yang tidak seimbang. Bisa terjadi juga karena proses pengadukannya tidak sempurna, sehingga material lantai tidak dapat merekat dengan baik dengan tegel.

Kalau sudah terjadi seperti ini, langkah yang bisa dilakukan adalah membongkar ulang lapisan lantai. Siapkan mortar atau adukan semen yang baik, lalu tempelkan kembali tegelnya.

Cermati penyebab dan pencegahannya
Faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan yaitu tegel yang belum siap teraplikasi. Biasanya sebelum dipasang, tegel harusnya direndam terlebih dahulu ke dalam air selama kurang lebih satu jam. Perendaman ini dimaksudkan agar nantinya adonan mortar mudah merekat pada tegel tersebut.

Sebagian tegel yang berkualitas tinggi memang tidak perlu menggunakan tahap ini. Tetapi untuk pencegahan yang lebih baik, sebaiknya Anda melakukan tahap ini, daripada nantinya berakibat buruk.

Faktor lain kerusakan lantai bisa karena pengisian nat yang kurang sempurna. Hal ini terjadi karena pengerjaan yang terburu-buru. Akibatnya, tidak semua nat terlapisi dengan sempurna. Celah lubang antara tegel berpotensi terisi udara ataupun menimbulkan rembesan air, sehingga lapisan bawah tegel rusak dan retak.

Bukan hanya itu, kondisi iklim yang panas juga dapat berakibat lantai mudah memuai. Biasanya jika tegel lantai tidak berkualitas baik akan cepat rusak terpengaruh oleh suhu, lantai pun memuai.

Untuk mencegahnya, pertimbangkan untuk memilih tegel yang berkualitas, agar tegel tidak mudah menggelembung dan akhirnya pecah. Lakukan pemasangan yang baik. Bila perlu, awasi pekerjaan tukang saat proses pengerjaannya, tips ini untuk meminimalisasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda