Apa Untungnya Menggunakan Jasa Broker Properti?

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan memakai jasa agen properti, akan tetapi penjual harus pandai memilih broker yang andal.

broker-agen-properti-rumah-jual-rumahhokie-by anto erawan

RumahHokie.com (Jakarta) – Dalam industri properti dunia, jasa perantara—biasa disebut broker atau agen properti—sangat vital. Bahkan, para property agent ini memiliki standarisasi cara kerja yang terstruktur dan diwajibkan mengantongi sertifikat sebagai broker profesional.

Di Indonesia sendiri terdapat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti yang mulai beroperasi di awal 2016. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 343 Tahun 2015 tentang penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kategori real estat golongan pokok real estat bidang perantaraan perdagangan properti.

Dengan penetapan SKKNI, diharapkan broker properti memiliki kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan sebagai upaya meningkatkan profesionalisme broker properti.

SKKNI adalah kurikulum uji yang akan menjadi dasar dibuatnya materi uji kompetensi yang nanti dipakai oleh LSP Broker Properti dalam menguji broker properti di Indonesia.

Keuntungan Menggunakan Broker

Secara umum, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pemilik atau penjual properti dengan memakai jasa agen properti, antara lain:

  • Mendapat layanan yang akurat dan pasti.
  • Memeroleh informasi (kondisi, harga rumah, dan lain-lain) secara obyektif.
  • Mempercepat proses transaksi, baik jual-beli atau sewa.
  • Menghilangkan potensi terbuangnya waktu dan tenaga dalam proses penjualan.
  • Mengurangi beban biaya yang tidak perlu.

Kendati demikian, untuk memakai jasa agen properti, pemilik atau penjual properti harus menyisihkan uang sebesar 2,5% – 3,5% dari nilai jual, untuk komisi (marketing fee) bagi broker jika transaksi telah terlaksana.

Batasan waktu yang jelas dalam proses pemasaran juga harus dibicarakan secara tuntas, agar tidak terkatung-katung dalam penjualan/pembelian rumah.

Tips Memilih Broker Properti

Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cari atau pilihlah agen properti profesional dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mempunyai kantor atau tempat kerja yang representatif.
  • Aturan dan persyaratan (terms of conditions) yang ditawarkan jelas dan tertulis, termasuk besaran marketing fee-nya.
  • Tenaga pemasar (associate marketing) yang dimiliki sudah terkenal andal.
  • Jejaring (networking) usahanya memadai.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda