Arena Arbor, Gedung Pertemuan di Brasil yang Terinspirasi dari Struktur Pohon

Gedung pertemuan Arena Arbor yang terletak di Brasil, dibuat menggunakan papan kayu MDF dengan rancangan yang terinspirasi dari struktur pada sebuah pohon.

Gedung pertemuan Arena Arbor, Brasil
Menggunakan material papan MDF, gedung Arena Arbor yang memiliki luas 65 meter persegi ini dapat selaras dengan alam sekitarnya. (Foto: Guilherme Paiva / Inhabitat)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebuah gedung pertemuan bernama Arena Arbor di Brasil dikembangkan dengan mengambil inspirasi dari bentuk struktur pohon. Bangunan natural itu dibuat menggunakan papan kayu MDF yang disusun dalam modul segitiga.

Dirancang oleh Selvagen, sebuah konsultan desain, gedung pertemuan Arena Arbor merupakan hasil pengejawantahan atas eksplorasi desain interior maupun arsitektur yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Mencakup area seluas 65 meter persegi, paviliun berbentuk kubah ini didirikan sebagai ruang yang digunakan beragam aktivitas, seperti sesi kuliah, pagelaran seminar, dan sebagainya.

Baca Juga: Desain Rumah Karya Zaha Hadid Ini Seperti Pesawat Luar Angkasa

Arena Arbor
Interior dari bangunan Arena Arbor yang tampak megah. (Foto: Guilherme Paiva / Inhabitat)

Dilansir dari laman Inhabitat, perusahaan konsultan itu menggunakan metodologi desain parametrik dalam membuat bangunan serba guna tersebut berfungsi dan memiliki tampilan yang ikonik, laiknya struktur sebuah pohon.

Desain parametrik merupakan paradigma dalam desain di mana hubungan antara unsur-unsur yang digunakan untuk memanipulasi dan menginformasikan desain geometri dan struktur yang kompleks

Baca Juga: Berkat Bentuknya yang Unik, Rumah Monolitik Ini Dihargai USD1,4 Juta

“Seluruh ruang dibuat sebagai metafora terkait dengan pohon. Ini merupakan simbol yang bermakna sebagai elemen alami yang mewakili kehidupan. Ketika berada di dalam arena Arbor, orang-orang akan merasa senang dan memiliki pengalamannya tersendiri dari bangunan itu,” tutur salah seorang arsitek dari Selvagen.

Lebih lanjut, konsultan desain itu menjelaskan, proses pengerjaan gedung serba guna tersebut telah melalui analisa morfologi pohon. Fungsi pada masing-masing bagian pohon, seperti akar, batang, mahkota dan bunga.

Baca Juga: Terbuat dari Pipa Beton, Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Hunian di Perkotaan

Kemudian, mereka wujudkan dalam berbagai bagian dari bangunan Arena Arbor, seperti bagian lantai, bagian struktur, atap dan elemen pencahayaan-nya.

“Bagian panggung dibuat dengan bentuk setengah bulat dan tempat duduk seperti amfiteater yang mengambil inspirasi dari akar-akar pohon,” ujar sang desainer.

Selain ruang pertemuan, gedung ini pun dilengkapi dengan ruang beristirahat yang dapat diakses dari dua pintu masuk. Keduanya dibingkai dalam baja yang dilubangi dengan pola segitiga mengacu pada motif segitiga bangunan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda