Aroma Daun Mint, Bikin Tikus Enggan Masuk ke Rumah

Beberapa penangkal yang bisa dipilih diantaranya adalah minyak peppermint. Anda bisa menyemprotkannya di atas meja dapur dan bagian lainnya.

Aroma daun mint biasanya tidak disukai oleh tikus. Untuk mengusirnya, Anda bisa mengambil sarinya dan larutkan dengan air. Lalu, semprotkan larutan itu pada tempat yang sering dilalui tikus. Foto: amazingfarm.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Bagi sebagian orang, tikus merupakan binatang hama yang mengganggu, tergolong pula sebagai hama yang aktif merusak semua benda. Karenanya, kehadiran hama satu ini rumah menjadi musuh besar bagi pemilik hunian.

Selain meninggalkan kotoran bau dan menimbulkan penyakit. Tikus tergolong hama penyerang tanpa mengenal tempat. Binatang yang lapar dan akan memakan hampir semua benda yang dijumpainya.

Untuk mencegah kehadirannya, berikut ini trik yang wajib dicermati. Supaya rumah Anda tetap aman dari bahaya tikus, sebaiknya Anda mencermati semua celah yang memancingnya untuk datang.

Baca juga: Trik Ini, Cara Sederhana Bersihkan Karpet dari Tetesan Lilin

Pertama, perhatikan daerah sekeliling pintu untuk mengetahui celah yang bisa jadi akses tikus masuk ke rumah. Jika ditemukan lubang, segera mungkin menyumpalnya dengan gulungan kawat.

Kontrol tempat sampah di rumah. Tikus tertarik dengan bau makanan, penting sekali untuk mengontrol tempat pembuangan sampah dengan baik di dalam rumah dan halaman.

Tutup rapat tempat sampah dengan baik. Pastikan sampah aman dari gangguannya. Tikus tertarik dengan wadah daur ulang seperti botol, kaleng, dan kotak yang mungkin masih menyisakan makanan di dalamnya. Simpan wadah tersebut di dalam wadah lain yang tertutup.

Jika Anda memiliki gundukan benda, pastikan lokasinya jauh dari rumah, agar tidak menarik perhatian tikus.

Bersihkan sisa-sisa makanan, bisa jadi sisa tersebut menjadi sumber makanan dan tempat tinggal bagi tikus. Jagalah rumah agar tetap rapi sehingga tidak menarik perhatian tikus.

Gunakan bahan penangkal untuk menghalau tikus. Ada beberapa bahan alami yang efektif yang bisa digunakan untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Ketika tikus mencium bahan penangkal, maka ia tidak mau masuk ke dalam rumah.

Banyak penangkal tikus yang baunya harum. Semprotkan penangkal pilihan Anda di bagian-bagian rumah yang cenderung dihuni tikus. Beberapa penangkal yang bisa dipilih diantaranya adalah minyak peppermint, bagusnya disemprotkan di atas meja dapur dan bagian lainnya.

Serpihan kayu cedar atau minyak cedar. Material ini diyakini bisa menangkal tikus untuk hadir ke dalam rumah.

Tangkal Dengan Perangkap
Lakukan penangkapan dengan perangkap. Jika tikus masih hidup di dalam perangkap, menggeliat dan menjerit, maka Anda harus membunuhnya sebelum membuangnya.

Jika Anda harus membunuh tikus, cara yang paling cepat dan tidak menyakitkan adalah dengan membuat luka di otak yaitu dengan memukul kepalanya dengan cepat. Masukkan tikus ke dalam kantung plastik. Inilah alasannya mengapa perangkap hidup-hidup adalah pilihan yang baik.

Jangan lupa untuk menutup semua lubang. Ini adalah bagian yang membosankan namun perlu.

Cara yang paling cepat dan tidak terlalu menyakitkan untuk membunuh tikus di dalam perangkap lem adalah dengan menenggelamkannya ke air. Masukkan perangkap ke dalam ember berisi air dan tenggelamkan. Tak perlu memukulnya karena bisa menyebarkan kuman dan darah.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda