Asian Paints Resmikan Pabrik Cat Pertama di Indonesia

Di kawasan Industri Karawang, perusahaan cat terbesar ketiga di dunia asal India ini menggelontorkan investasi USD100 juta.

Peresmian pabrik cat Asian Paints di Karawang (Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Karawang) – Perusahaan produsen cat asal India, PT Asian Paints Indonesia meresmikan pabrik pertama di Indonesia, Selasa (5/9/2017).

Acara ini dihadiri oleh KBS Anand, CEO & Managing Director Asian Paints Group; Rahul Bhatnagar, President Director PT Asian Paints Indonesia; Jimmy Ahmad Zamakhsyari, Wakil Bupati Karawang; dan Teddy C. Sianturi, Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Baca Juga: Grand Taruma Karawang Pasarkan Rumah Kebun Seharga Rp2,6 Miliar

Berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang, Jawa Barat, pabrik dengan luas lahan 5,5 hektar ini akan fokus memproduksi cat dan pelapis dengan standar tinggi, menggunakan teknologi coating terdepan.

Rahul Bhatnagar mengungkapkan, Asian Paints hadir di Indonesia menawarkan produk terbaik bagi masyarakat, dengan standar internasional.

“Asian Paints memulai bisnis di Indonesia sejak 2014 di Karawang dan kini telah memproduksi 24.550 ton cat,” jelas Rahul kepada awak media.

Baca Juga: Rambah Indonesia, Suteki Home Incar Koridor Jakarta – Karawang

Sementara itu, KBS Anand menjelaskan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Dengan jumlah penduduk yang besar, serta masifnya pembangunan perumahan, membuat pasar cat di Indonesia sangat menggiurkan.

“Bagi kami, Indonesia adalah pasar terbesar ketiga setelah China dan India,” tutur Anand yang menargetkan Asian Paints akan menempati posisi tiga besar di Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, investasi Asian Paints di Indonesia merupakan yang terbesar setelah India, yakni mencapai USD100 juta. Perusahaan telah mengantongi izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk membangun infrastruktur di Indonesia sejak 2014 silam.

Terbesar Ketiga di Dunia
Mengawali bisnis sejak 1942 di Mumbai, Asian Paints merupakan perusahaan cat terbesar ke-3 di Asia dan perusahaan terbesar ke-10 di dunia.

Menjadi market leader di India sejak 1967, Asian Paints melebarkan sayap di 2002 dengan mengakusisi perusahaan Berger International dan SCIB untuk meningkatkan ekspansi secara internasional.

Anand menjelaskan, perusahaan dengan total 7.000 karyawan ini, memiliki pabrik yang tersebar di 16 negara dan telah menjangkau pemasaran di 65 negara di dunia. Asian Paints menduduki peringkat ke-8 daftar Majalah Forbes sebagai “Perusahaan Paling Inovatif di Dunia” dan kerap muncul di “Forbes Fab Companies 50”.

Dengan pangsa pasar USD16,1 miliar, terus merambah kawasan Asia Selatan, Timur Tengah, Asia Pasifik, dan baru-baru ini merambah Afrika dengan mengakuisisi 51% saham di Kadisco Paints Ethiopia.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda