Asosiasi: Butuh Peran Ekstra Pemerintah untuk Kemajuan Industri Furnitur Nasional

Peran pemerintah pusat serta daerah sangat dibutuhkan untuk mendorong kemajuan industri furnitur dan kerajinan di Indonesia.

Pameran IFEX 2019, Industri Furnitur
(Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Ir. Soenoto, mengatakan kekayaan alam dan sumber daya manusia yang melimpah di Indonesia merupakan modal bagus untuk perkembangan industri furnitur dalam menciptakan produk berkualitas.

Akan tetapi hal tersebut dirasa akan kurang optimal, tanpa kehadiran peran pusat dan daerah dalam mendorong kemajuan industri furnitur nasional.

“Selain kekayaan budaya dan sumber daya manusia, peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk mendorong kemajuan industri furnitur dan kerajinan. Tanpa regulasi yang tepat sulit bagi pelaku industri untuk berkembang, jelas Soenoto disela-sela pembukaan pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga: IFEX 2019 Resmi Digelar, Pelaku Industri Furnitur Optimistis Pasar Dapat Berkembang

Ia menjelaskan, pemerintah harus lebih aktif memberikan kesempatan bagi pelaku industri untuk mendapatkan bantuan modal dan perluasan pasar, karena impor furnitur dan kerajinan masih mendominasi di Indonesia.

“Kami mengharapkan pemerintah membuat kebijakan baru, agar keran impor dibatasi demi menyelamatkan produk furnitur dan kerajinan Indonesia,” tutur Soenoto.

Ditambahkan Soenoto, pemerintah juga diharapkan bisa memberikan subsidi bagi pelaku industri furnitur dan kerajinan Indonesia. Menurutnya, salah satu subsidi yang dibutuhkan adalah terkait mesin-mesin produksi yang masih harus diimpor.

Baca Juga: Gelaran IFEX 2019 Diprediksi Dorong Nilai Ekspor Industri Mebel Tanah Air

Ia mengatakan, saat ini pelaku industri furnitur dan kerajinan di Tanah Air, didominasi dari kalangan pengusaha kecil, yang masih membutuhkan bantuan pemerintah untuk bisa bersaing secara global.

Padahal, ia berujar produk furnitur dan kerajinan Indonesia dikenal memiliki desain yang unik yang menjadi nilai tambah tersendiri.

“Produk-produk Indonesia memiliki desain dan kreasi khas dan tidak ditemukan di negara manapun. Nyaris semua bahan baku di Indonesia,  dapat dimanfaatkan untuk membuat furnitur dan kerajinan, salah satunya adalah rotan,” kata Soenoto.

Baca Juga: Dorong Ekspor Furnitur dan Kerajinan, IFEX 2019 Akan Hadirkan Program Craftnation

Potensi rotan di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Kelebihan itulah yang menurutnya harus dimanfaatkan menjadi energi untuk menghadirkan produk berkualitas dan menciptakan lapangan kerja baru.

“Kita wajib mengikuti tren yang berkembang di dunia, bahkan harus dapat menciptakan desain yang unik dan menciptakan tren tersebut,” pungkas Soenoto.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda