Atasi Penyebab Retak Rambut, Begini Langkah Perbaikannya

Retak rambut pada dinding bisa menimbulkan celah, lembap juga rembes pada saat hujan. Mengatasinya bisa menggunakan cara berikut ini.

dinding retak rambut - rumahhokie
Retak rambut bisa menyebabkan kelembapan juga menimbulkan rembesan air saat terjadi hujan.

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai pemilik rumah, tentu Anda akan merasa geram ketika melihat permukaan dinding pada sudut ruang tertentu mengalami keretakan. Selain dapat merusak elemen struktural, kerusakan ini bisa memperburuk kondisi kulit bangunan.

Ya, retak rambut bisa disebabkan karena adanya benturan, dapat pula terjadi saat proses penyelesaian akhir membangun rumah ada pengerjaan yang kurang sempurna.

Baca juga: Berikut Ini Penyebab Pendingin Ruangan Kurang Maksimal

Kerusakan pada dinding yang menyebabkan keretakan tentu bakal mengganggu keindahan ruang. Jika dibiarkan lama, kerusakan ini tentunya akan berpengaruh pada struktur bangunan.

Retak rambut yang terjadi pastinya akan merambat dan membuat celah pada dinding. Retak rambut juga bisa menimbulkan kelembapan serta rembesan air saat terjadi hujan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Dinding Batu Bata Ekspos

Agar terhindar dari kerusakan ringan, Anda wajib mengetahui penyebab terjadinya celah rambut.

Biasanya saat melakukan acian, penyebab timbulnya celah rambut bisa terjadi karena plesteran tidak dibasahi dahulu sehingga acian tidak dapat menempel sempurna pada plesteran.

Bisa juga, sang aplikator menerapkan komposisi plesteran yang kurang tepat, sehingga saat adonan plesteran itu kering menjadi menyusut dan menimbulkan celah kecil pada tembok.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Bercak Air di Dinding Rumah?

Timbul retak rambut bisa juga terjadi pada saat kondisi plesteran belum kering sempurna, sehingga waktu proses hidrasi, uap air terhalang acian atau cat dan muncul celah pada dinding untuk jalan keluar uap air.

Pada intinya, waktu melakukan acian Anda harus memperhatikan tingkat kekeringannya. Umumnya penyebab kerusakan dinding bisa diakibatkan karena proses pengerjaan yang terburu-buru.

Proses Perbaikan
Lalu, bagaimana proses memperbaikinya agar tembok rumah dapat kembali terlihat rapi dan bersih?

Pertama, untuk mengatasi retak rambut pada dinding Anda bisa memulainya dengan membersihkan permukaan cat.

Setelah dinding bersih dari cat, lakukan pemolesan memakai amplas kasar sehingga permukaan acian terlihat. Bersihkan juga permukaan tersebut dari debu, lalu basahi dinding hingga lembap.

Baca Juga: Biar Permukaan Dinding Tidak Mudah Retak, Ikuti Cara Ini

Jika proses sudah dilalui, saatnya melakukan penutupan dengan wall filter pada bagian yang retak. Materialnya bisa menggunakan semen khusus atau semen nat pada keramik.

Setelah celah rambut tertutup sempurna, tunggu hingga material (wall filter) benar-benar mengering. Jika permukaannya sudah kering, dinding di cat plamir. Teknik ini untuk memperkuat lapisan penutup.

Jika sudah tertutup, lakukan pengamplasan supaya permukaan dinding halus. Proses selanjutnya, Anda bisa melakukan pengecatan dasar di sempurnakan dengan pelapisan cat sesuai keinginan.

Melalui proses bertahap ini, diharapkan retak rambut pada dinding rumah Anda akan tertutup sempurna. Sehingga, permukaan dinding terlihat rapih dan lebih estetis.

Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda