Awas, Benda Aneh Dalam Rumah Bisa Sebabkan Energi Buruk

Benda-benda aneh dan menakutkan yang mengancam (menacing objects) seringkali membuat perasaan tidak nyaman pada penghuni rumah.

Ruangan yang kotor dan berbau, merupakan “ancaman” bagi ruang-ruangan lain di rumah.

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Dalam artikel feng shui yang lalu, telah diuraikan sumber-sumber Sha Chi (Sha Qi) atau Chi buruk di dalam rumah, seperti balok, kolom, dinding yang membentuk garis—yang “memotong” badan kita secara horisontal, vertikal, maupun diagonal—serta sandaran yang labil.

Prinsip ketiga yaitu adanya benda-benda aneh dan menakutkan yang mengancam (menacing objects). Benda-benda seperti in seringkali membuat perasaan tidak nyaman pada penghuni rumah.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya Chi Jelek (Sha Chi) dari Dalam Rumah

Salah satunya adalah ruangan/kamar yang ditinggalkan tanpa terpelihara karena tidak ada penghuninya. Ruang-ruang seperti ini selain kotor, menimbulkan bau, juga menimbulkan akumulasi energi Yin. Dan hal ini akan berefek kepada ruanga-ruangan lainnya di dalam rumah.

Sebenarnya hal seperti ini juga berlaku untuk ruang eksterior, misalnya sebuah rumah yang berada di tengah-tengah rumah-rumah lainnya yang sepi ditinggalkan pemiliknya serta tidak terawat. Rumah tersebut kotor, berbau, dan mengakumulasi energi Yin yang juga akan menyebar ke rumah-rumah lainnya.

Penulis pernah menjumpai seorang klien yang memiliki sebuah rumah besar, dengan luas tanah 300 m2, dan luas bangunan hampir 200 m2. Rumah ini terdiri dari 12 kamar, tetapi hanya satu kamar yang dihuni, karena empat putera-puterinya sekolah di luar negeri.

Sebagai akibatnya, kamar-kamar lain yang kurang terpakai itu menjadi ruangan yang mengumpulkan energi negatif (Yin) sehingga sifat dan karakter rumah secara keseluruhan terasa sebagai rumah yang berhawa ‘dingin’ (Yin).

Baca Juga: Awas, Energi Buruk Mengintai di Depan Rumah Anda!

Tentu saja tidak seimbang rumah terlalu besar dengan sedikit sekali penghuninya atau sebaliknya, sebuah rumah yang sangat kecil, tetapi digunakan oleh belasan penghuni, berhimpit-himpitan, juga akan menimbulkan Sha Chi.

Perabot rumah tangga, pola lantai atau karpet, yang mungkin dari segi desain dianggap sebagai karya seni yang hebat, tetapi tidak nyaman untuk digunakan. Ini merupakan hal yang mengganggu keseimbangan perasaan.

Lihat contoh pada gambar di bawah ini: desain kursi yang tampak labil seperti akan jatuh, dan pola karpet lantai yang membuat pusing bagi yang melihatnya.

Bentuk perabot dengan kaki yang menusuk pantat, serta kaki runcing yang labil.
Bentuk perabot dengan kaki yang menusuk pantat, serta kaki runcing yang labil.

Obyek desain yang menyerupai wajah manusia bisa membuat kaget bagi penghuni yang setiap kali bertemu dengan “wajah” tersebut. Benda-benda seperti ini mengganggu perasaan orang.

Barangkali contoh yang lebih ekstrim adalah lukisan atau foto-foto yang menyeramkan, seperti macan yang berdarah-darah, vampir, atau foto-foto lain yang serupa.

Sebenarnya Sha Chi yang ditimbulkan oleh obyek-obyek yang menimbulkan perasaan teror, ketakutan, ancaman, dan sebagainya itu adalah benda-benda yang biasa saja. Tetapi karena diletakkan di rumah, dan menimbulkan respon berupa emosi dan perasaan yang buruk.

Emosi dan perasaan dari para penghuni inilah yang sebenarnya ikut menciptakan Chi yang negatif.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda