Bagaimana Cara Mengatasi Bercak Air di Dinding Rumah?

Bercak air di dinding terjadi akibat adanya kebocoran pada salah satu sisi bangunan, seperti talang air misalkan. Air yang bocor merembes ke dalam bagian dinding, sehingga menyebabkan lembap dan timbulnya flek noda.

Bercak air pada dinding-RumahHokie.com-thrakon
(Foto: shutterstock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apakah Anda melihat ada bercak air (water spot) pada bagian dinding rumah? Jika itu terjadi berarti ‘kesehatan’ area tembok hunian sedang terganggu. Tentunya, kondisi tersebut akan berdampak pada tampilan interior yang tak lagi indah.

Bercak air di dinding terjadi akibat adanya kebocoran pada salah satu sisi bangunan, seperti talang air misalkan. Air yang bocor merembes ke dalam bagian dinding, sehingga menyebabkan lembap dan timbulnya flek noda.

Baca Juga: Biar Permukaan Dinding Tidak Mudah Retak, Ikuti Cara Ini

Gangguan yang oleh banyak orang juga dikenal dengan istilah ‘dinding mengompol’ itu jika dibiarkan, akan semakin meluas dan mendatangkan kerugian lebih banyak lagi.

Lalu, bagaimana memperbaiki bercak air pada bagian dinding? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki bagian bangunan yang bocor terlebih dahulu.

Apabila sudah, kemudian perbaiki dinding yang terdapat noda. Kerok lapisan cat yang rusak hingga ke permukaan substrat. Lantas, perbaiki dinding Anda dengan cement filler untuk menghilangkan retak rambut dan celah-celah kecil pada dinding.

Setelah itu, lakukan pengecatan ulang pada bagian dinding yang sudah dibenahi. Anda bisa mengaplikasikan cat dasar terlebih dahulu. Kemudian, laburi cat finishing sesuai dengan warna selera dan kebutuhan.

Baca Juga: Cara Kreatif Membuat Kalender Tahun Baru di Dinding Rumah

Apabila dinding rumah Anda belum timbul bercak noda, ada baiknya mencegah sebelum
hal tersebut terjadi. Untuk mencegah ‘dinding mengompol’ atau water spot, Anda bisa melakukan beberapa tips.

Pertama, pastikan kualitas dinding masih berada dalam kondisi yang baik dan tidak ada kebocoran. Kedua, jika diperlukan gunakan lapisan waterproofing pada area dinding yang Anda anggap rawan bocor.

Jika ingin meratakan bagian dinding, sebaiknya jangan menggunakan dempul, terutama yang mengandung plasticizer. Hal tersebut bisa mempengaruhi keawetan bagian dinding.

Jangan melakukan pengecatan pada kondisi lingkungan yang lembap. Disarankan, lakukan pengecatan ketika permukaan dinding disaat terkena sinar matahari langsung. Hal itu akan menyebabkan pengeringannya tidak akan merata.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda