Bagaimana Mengatasi Pintu Rumah Memuai Saat Musim Hujan? Ini Solusinya

Intensitas hujan yang terus menerus akan membuat udara menjadi lembab, sehingga volume kayu pada bagian pintu rumah dan jendela, mejadi memuai lebih besar daripada ukuran yang sebenarnya.

Pintu Rumah Memuai Saat Musim Hujan, pintu kayu, jendela kayu, kayu oven
(Foto: hgtv)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apakah Hokie People pernah mengalami secara tiba-tiba pintu rumah yang terbuat dari material kayu, tidak bisa tertutup rapat? Hal itu bisa saja terjadi karena perubahan cuaca.

Intensitas hujan yang terus menerus akan membuat udara menjadi lembab, sehingga volume kayu pada bagian pintu rumah dan jendela, mejadi mengembang lebih besar daripada ukuran yang sebenarnya.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika pintu rumah dan bagian jendela mengalami pemuaian? Simak tips dalam mengatasinya berikut ini.

Perbaiki dengan menyerut kayu
Cara yang bisa dilakukan ketika pintu rumah bermaterialkan kayu tiba-tiba memuai, karena perubahan cuaca adalah dengan menyerut bagian yang terasa mengganjal.

Baca Juga: Waspada Saat Musim Hujan, Ini Tips Mengatasi Kebocoran Atap Rumah

Untuk menyerutnya, lepaskan pintu atau jendela terlebih dahulu dari bagian kusen. Kemudian, lakukan penyerutan sekitar 1mm -2 mm. Cobalah menyesuaikan kembali pintu atau jendela, apakah sudah bisa masuk ke dalam kusen dan tertutup dengan sempurna.

Jika belum, ulang kembali proses penyerutan hingga dirasa pintu sudah menutup-membuka secara sempurna. Disarankan menyerut bagian pintu kayu yang tersembunyi, agar bekas serutan tidak terlalu terlihat, seperti dekat engsel.

Beri rongga saat pemasangan pintu
Sebelum terjadi masalah pintu kayu susah untuk ditutup, cegahlah terlebih dahulu. Caranya, ketika pertama kali pintu rumah di pasang, berikan rongga antara pintu dengan kusen dengan jarak yang cukup.

Baca Juga: Warna Pintu Ternyata Ungkap Karakter Pemilik Rumah Lho!

Fungsi kehadiran jarak itu nantinya akan terisi ketika kayu mengembang saat musim hujan. Dengan begitu, pintu rumah dan jendela tidak akan susah untuk ditutup.

Pilih jenis kayu yang tepat
Sebagai bagian dari pencegahan, pilihlah jenis kayu yang tepat untuk digunakan sebagai bahan pintu dan jendela rumah. Dilansir dari laman iDEA, untuk meminimalisir masalah muai susut pada pintu serta jendela, ada baiknya memilih jenis kayu yang telah dioven.

Sedikitnya kandungan air pada kayu oven membuat muai susut tak terlalu besar,
sehingga menghindari masalah pintu susah ditutup ketika musim hujan tiba.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda