Bagaimana Sih Menghitung Capital Gain Properti?

Capital gain merupakan rumus yang berasal dari harga jual dikurangi harga beli, kemudian dibagi harga belinya dan dinyatakan dalam persen.

Trik Jitu Memilih Cara Pembayaran Rumah yang Tepat

RumahHokie.com – Properti merupakan investasi yang mengandalkan keuntungan pada saat dijual. Nah, capital gain merupakan rumus yang berasal dari harga jual dikurangi harga beli, kemudian dibagi harga belinya dan dinyatakan dalam persen.

Contoh, jika Anda membeli properti Rp400 juta dan tiga tahun kemudian terjual Rp1 miliar, maka (Rp1 miliar – Rp400 juta) : Rp400 juta = 150%. Artinya, dalam setahun, properti Anda tumbuh 150% : 3 = 50%.

Di Indonesia, kecenderungan kenaikan stabil harga properti pada lokasi matang adalah 10% – 20% setahun. Pertumbuhan pada lokasi baru dengan traffic generator yang beraneka rupa, dapat mencuat hingga 30%.

Ini berlaku untuk landed maupun apartemen dalam investasi normal. Apa ada investasi tidak normal? Bukan begitu.

Investasi kadangkala tidak harus memiliki properti secara utuh. Anda hanya membeli “paper asset”, yaitu membeli yang tidak menunggu properti secara fisik dikuasai dan menjualnya dalam keadaan unit juga belum selesai.

Ini bukan produk deriviatif sehingga tidak berlaku hukum volatilitas harga saham. Anda membeli inden properti yang baru akan serah terima tiga tahun lagi.

Cara membeli berupa angsuran 50 kali sebesar Rp7 juta per bulan. Harganya Rp350 juta. Setelah mengangsur 10 kali, maka uang telah Anda setorkan 10 x Rp7 juta = Rp70 juta.

Pada saat itu, properti telah mengalami kenaikan dan properti Anda ditawar Rp150 juta dan pembeli melanjutkan cicilan. Ini juga capital gain, karena Anda sudah untung Rp150 juta – Rp70 juta = Rp80 juta kotor.

Ada banyak sumber keuntungan, tetapi intinya adalah bahwa capital gain hanya muncul pada saat properti Anda dijual. Jika tidak dijual, maka angka-angka kenaikan properti Anda hanyalah portofolio aset saja dan Anda tetap belum dapat menikmati hasilnya.

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda