Bank BTN: Tahun Ini Pembiayaan Properti di Bogor Tumbuh 15% – 20%

Porsi KPR Bank BTN di Jabodetabek saat ini sekitar 60% dari porsi KPR secara nasional. Dari angka itu, porsi KPR di Bogor sekitar 20%.

Bank BTN: 2017 Pembiayaan Properti di Bogor Tumbuh 15% - 20%logo bank BTN - rumahhokie - anto erawan - dok
Logo PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Bogor) – Kawasan penyangga Jakarta, yakni Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi menjadi lokasi pilihan sebagai tempat tinggal. Hal ini terlihat dari porsi pembiayaan yang dikucurkan PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk.

“Di tahun ini, pertumbuhan pembiayaan yang dikucurkan Bank BTN di Bogor mencapai 15% hingga 20%,” ungkap Suryanti Agustinar, Executive Vice President Non Subsidized Mortgage and Consumer Lending Division Bank BTN saat ditemui di sela prosesi topping-off Apartemen Gardenia Bogor, Kamis (28/9/2017).

Baca Juga: Rangkul Empat Perusahaan, Bank BTN Kucurkan KPR Rp1,03 Triliun

Menurut Suryanti, masyarakat memang cenderung suka tinggal di Bogor, karena udara yang sejuk dan sarana transportasi yang memadai, seperti kereta api dan jalan tol.

“Porsi KPR Bank BTN di Jabodetabek saat ini sekitar 60% dari porsi KPR secara nasional. Dari angka itu, porsi KPR di Bogor sekitar 20%,” katanya.

Menurutnya, kawasan Tangerang memang memiliki porsi KPR lebih besar, namun itu disebabkan karena area Tangerang lebih luas dan developer yang beroperasi di sana pun lebih banyak.

Baca Juga: Bogor Outer Ring Road Bikin Harga Lahan Meroket

“Jika kita lihat luasan Bogor yang lebih kecil, tetapi penjualan rumah cukup tinggi, berarti peminat properti di Bogor cukup tinggi,” tutur Suryanti.

Dibanding 2016 silam, imbuhnya, pertumbuhan pembiayaan KPR di Bogor tahun ini lebih bagus. Sebanyak 80% produk yang dibiayai adalah rumah tapak, sisanya berupa apartemen.

Bunga KPA Mulai 8%
Guna mendukung penjualan Apartemen Gardenia Bogor, Bank BTN memberikan KPA (kredit pemilikan apartemen) dengan uang muka cukup ringan, yakni 10%.

“Untuk bunga KPA, kami memberikan promo, yaitu 8% fixed selama tiga tahun atau 9% fixed selama lima tahun pertama. Jadi memang kami buat menarik untuk konsumen,” urai Suryanti.

Dengan memberikan kemudahan tersebut, jelasnya, Bank BTN mencoba menggiring konsumen yang semula menggunakan fasilitas tunai bertahap (installment) untuk beralih menggunakan KPA Bank BTN.

Baca Juga: Optimalkan Kredit Konstruksi, Bank BTN Gunakan Digital Marketing

“Jika (mencicil) dengan developer, (tenornya) lima tahun, melalui bank bisa (mencicil hingga) 15 tahun,” ujar Suryanti. “Jadi kami ingin mempermudah konsumen untuk beralih ke kami.”

Sementara itu, Bobby Nasution, Direktur Marketing Takke Group—pengembang Apartemen Gardenia Bogor—memaparkan, pihaknya semula memang memberlakukan pembayaran dengan fasilitas installment hingga 60 kali.

“Setelah prosesi topping off ini, cara pembayaran tersebut tidak lagi diberlakukan,” jelas Bobby yang mengatakan konsumen mesti menggunakan fasilitas Bank BTN atau Bank BNI yang bekerjasama dengan Takke Group.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda