Bantu Pengembang Daerah, “REI Finance” Dibesut

REI Finance merupakan program kolaborasi antara pengembang besar dengan pengembang kecil, terutama pengembang rumah subsidi di daerah.

Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Guna mempercepat pembangunan rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), sekaligus membantu pengembang-pengembang kecil di daerah, Dewan Pimpinan Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI) dalam waktu dekat akan membesut program “REI Finance”

Soelaeman Soemawinata, Ketua Umum DPP REI menuturkan, REI Finance merupakan alat untuk merealisasikan rumah subsidi bagi MBR dengan lebih cepat. Di 2017 ini, program kolaborasi ini akan dilaukan di 10 provinsi.

Baca Juga: Jadi Garda Terdepan, REI Targetkan Bangun 210.000 Rumah Subsidi

REI Finance merupakan program kolaborasi antara pengembang besar dengan pengembang kecil untuk meningkatkan kapasitas finansial, teknis, manajemen dan sumber daya manusia di daerah.

“Kami sadar, mayoritas pengembang kecil di daerah—yang membangun rumah subsidi—menghadapi hambatan permodalan, terutama dalam penyediaan kembali (reinvestasi) tanah yang harganya naik dengan cepat. Mereka butuh bantuan dana. Jadi, lewat REI Finance, kami memberi kesempatan kepada pengembang besar agar turut berperan dalam membangun rumah MBR di daerah,” papar Soelaeman saat berbuka puasa bersama media yang mengangkat tema “Bersinergi Mendukung Program Sejuta Rumah”, Selasa (20/6/2017).

REI Finance, jelas Eman—demikian Soelaeman akrab disapa—didasari kepercayaan antar-anggota REI. Kendati demikian, tetap ada koridor-koridor kerjasama yang harus dipatuhi.

Baca Juga: Inilah Cara Pengurus Baru REI Kejar Target Program Sejuta Rumah

“Mekanismenya, bisa pengembang besar membeli lahan atau menyediakan lahan, kemudian pengembang kecil yang membangun dan memasarkan,” urai Eman. “Polanya bisa juga penyertaan modal pengembang besar kepada pengembang kecil.”

Di program ini, urainya, pengembang besar bisa dibilang tak mendapat untung. Mereka membeli atau menyediakan tanah dengan harga tertentu. Kemudian pengembang kecil yang membangun rumah di atas lahan tersebut membayar secara bertahap dengan harga disesuaikan laju inflasi.

Beberapa Pengembang Besar Tertarik
REI saat ini tengah mengembangkan rumah subsidi di Mentawai (Sumatera Barat) dan Lingga (Kepulauan Riau). Selanjutnya, pembangunan juga akan menjangkau daerah lain di Indonesia.

“Saat ini, pengembang besar yang sudah menyatakan tertarik mengikuti program REI Finance antara lain Lippo Group, Ciputra Group, Alam Sutera, dan Agung Podomoro Land,” ungkap Eman.

Dia berharap, Program Sejuta Rumah dapat menjadi pemicu bagi bisnis anggota REI di daerah. Pasalnya, mayoritas anggota REI adalah pengembang rumah subsidi.

“Semakin banyak pengembang yang bergerak, maka lapangan pekerjaan di daerah makin terbuka,” kata Soelaeman.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda