Beberapa Aspek yang Harus Diperhatikan saat Menata Area Servis

Acap kali desain area servis tak terlalu diperhatikan oleh pemilik hunian, sehingga menuai berbagai masalah yang mengganggu kenyamanan dan keindahan rumah.

Pengaturan yang efisien sangat diterapkan pada area servis (laundry room), agar pemilik hunian dapat melakukan aktivitas mencuci dengan nyaman. (Foto: www.marthastewart.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Umumnya, setiap rumah memiliki area servis, baik berupa laundry room, dapur kotor, gudang, maupun toilet untuk asisten rumah tangga. Ruangan-ruangan tersebut biasanya diletakan pada bagian samping ataupun bagian belakang rumah.

Acap kali desain area servis tak terlalu diperhatikan oleh pemilik hunian. Padahal dengan merancangnya secara baik, pemilik hunian bisa melakukan beragam aktivitas keperluan rumah tangga secara nyaman.

Selain dari sisi kenyamanan, area servis yang dirancang secara baik akan mendatangkan keindahan bagi seluruh ruangan, termasuk pada area untuk cuci-bilas-jemur-setrika pakaian. Dengan demikian, area servis tak lagi menjadi si ‘buruk rupa’ rumah anda.

Baca Juga: Tips Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan

Meskipun tidak ada aturan baku dalam merancang area servis, namun terdapat beberapa aspek yang layak diperhatikan oleh pemilik hunian ketika ingin menghadirkan area tersebut. Berikut ini beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh pemilik rumah.

Maksimalkan ruangan
Untuk rumah dengan ukuran yang besar, menyediakan ruangan yang dipakai sebagai area servis mungkin tak terlalu menjadi masalah. Namun, jika lahan rumah yang anda miliki cukup terbatas, solusinya adalah  memaksimalkan keberadaan ruang. Misalnya saja, anda bisa memasang beberapa rak gantung yang ditempel di dinding untuk meletakan deterjen, sabun cuci piring dan lain sebagainya.

Sirkulasi yang cukup
Karena aktivitas yang dilakukan di area servis tergolong banyak serta memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, maka keberadaan ventilasi udara sangatlah diperlukan. Pemilik rumah dapat menghadirkan ruangan dengan bukaan yang besar, agar udara segar dan cahaya alami mudah masuk.

Gunakan furnitur kompak
Banyaknya barang yang terdapat di ruang servis harus bisa ditata dengan baik.
Bagi anda yang lahan rumahnya terbatas, menggunakan kabinet dan almari yang sifatnya kompak menjadi solusi yang tepat. Dengan begini, ruang servis di rumah anda tidak akan nampak berantakan.

Pilih material lantai
Area servis umumnya dipakai untuk aktivitas yang terpapar air, seperti mencuci pakaian atau mencuci perabotan memasak. Oleh karena itu, pilihlah material penutup lantai atau keramik yang tidak licin, agar tidak membahayakan penghuni rumah sewaktu beraktivitas di area servis.

Memilih material penutup lantai yang tahan terhadap noda dan anti gores serta mudah dibersihkan juga disarankan. Saat ini telah banyak beredar di pasaran, material penutup lantai dengan spesifikasi tersebut dengan berbagai pilihan motif dan warna.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda