Beberapa Bahan Alami Ini Sanggup Membasmi Tikus di Rumah

Agar tak membahayakan anda dan anggota keluarga, hendaknya memakai bahan-bahan alami ketika ingin membasmi tikus di area rumah.

Tikus tidak menyukai bau menyengat yang tajam, seperti minyak peppermint. (Foto: sacredsoulholistics.co.uk)

RumahHokie.com (Jakarta) – Tikus merupakan hewan pengerat yang kotor pembawa sumber penyakit. Tentunya, semua orang tak menginginkan kehadiran tikus di rumahnya. Langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan cara mencegahnya untuk datang kerumah, namun apabila sudah terlanjur berkeliaran di area rumah, segeralah membasminya.

Berbagai cara dapat dilakukan oleh untuk mengusir hama tersebut. Bisa dengan menggunakan racun tikus (kimiawi) maupun menangkal tikus dengan berbagai bahan alami.

Baca Juga: Selain Garam, Cairan Ramah Lingkungan Ini Ampuh Basmi Rayap

Agar tak membahayakan anda dan anggota keluarga, disarankan hendaknya memakai bahan-bahan alami ketika ingin membasmi keberadaan tikus di area rumah anda. Dinukil dari homeremedyhacks.com, ada beberapa bahan alami yang ampuh menangkal keberadaan tikus di area rumah. Berikut ini diantaranya.

Minyak peppermint

Minyak peppermint atau ekstrak daun mint selain digunakan untuk perawatan kulit dan kecantikan, ternyata bisa mengusir hama tikus di area rumah lho!. Tikus tidak menyukai bau menyengat yang tajam, seperti minyak peppermint.

Caranya, teteskan minyak peppermint ke bola kapas sebanyak 20 hingga 30 tetes. Letakan bola kapas tersebut di jalur yang dilalui tikus atau dekat lubang pembuangan. Anda juga bisa menggunakan daun mint atau pasta gigi mint jika Anda tidak memiliki minyak ekstrak tersebut

Cengkeh

Masukkan beberapa cengkeh utuh ke dalam rumah. Taburan cengkeh akan menghentikan tikus untuk memasuki rumah anda. Selain dengan cara itu, anda pun dapat menggunakan ekstrak minyak cengkeh dengan cara yang sama seperti yang dilakukan dengan minyak peppermint.

Baca Juga: Tips Mudah Mengetahui Keberadaan Serangga Ini di Rumah

Daun Salam

Mencari obat alami untuk menyingkirkan tikus? Daun salam adalah salah satu pilihan bahan alami yang baik untuk mengusir keberadaan tikus di rumah. Anda cukup menaruh beberapa lembar daun salam di area yang terdapat hewan pengerat tersebut. Ganti secara rutin daunnya dalam kurun waktu 3 hari dan lihat hasilnya.

Lada

Selain berfungsi sebagai penyedap rasa dan bumbu dalam masakan, kegunaan lada lainnya adalah dapat menangkal keberadaan tikus di area rumah. Anda cukup taburkan sedikit lada pada sudut-sudut di mana terdapat tikus. Diamkan sejenak dan tikus pun enggan masuk kedalam rumah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda