Begini Strategi Ditjen Perumahan untuk Program Sejuta Rumah

Kementerian PUPR akan meningkatkan publikasi terkait program perumahan melalui berbagai media baik media cetak, elektronik maupun media sosial.

Program Sejuta Rumah, Kementerian PUPR, Dadang Rukmana
Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana saat memberikan pengarahan kepada Tim Komunikasi Publik Ditjen Perumahan. (Foto: Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Medan) – Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR akan menyiapkan strategi khusus guna mempublikasikan Program Sejuta Rumah.

Salah satunya adalah dengan membentuk Tim Komunikasi Publik Perumahan dengan melibatkan Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan yang ada di seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami akan mendorong publikasi program perumahan. Salah satunya dengan melibatkan SNVT Penyediaan Perumahan yang ada di daerah,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (11/03/2020).

Baca Juga: Kementerian PUPR Akan Siapkan PSU untuk Kelaikan Rumah Komunitas

Menurut Dadang, masyarakat sangat membutuhkan informasi mengenai program perumahan. Apalagi rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi.

Ke depan, imbuhnya, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR akan meningkatkan publikasi
terkait program perumahan melalui berbagai media baik media cetak, elektronik maupun media sosial.

Selain itu, Dadang juga berharap kepada Tim Komunikasi Publik Ditjen Perumahan untuk melayani pengaduan masyarakat dan permohonan informasi mengenai perumahan.

Baca Juga: Atasi Backlog Perumahan, Kementerian PUPR Siapkan Tiga Program Unggulan

“Tim Komunikasi Publik merupakan garda terdepan dalam mensosialisasikan berbagai program dan kebijakan perumahan. Selain itu, penanganan pengaduan masyarakat baik di pusat maupun daerah harus dilayani juga dengan baik,” Dadang Rukmana.

Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian PUPR capaian program perumahan tersebut sejak bulan Juli 2019 telah mencapai angka 626.330 unit hunian subsidi.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh RumahHokie.com, setidaknya ada 15 strategi yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan perumahan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun 193 Rumah Bagi Korban Kerusuhan Wamena

Beberapa stategi tersebut antara lain, segera menarik uang muka untuk pekerjaan yang telah terkontrak serta meningkatkan koordinasi dengan BP2JK dalam rangka percepatan pelaksanaan lelang.

Ditjen Penyediaan Perumahan juga akan mengoptimalkan peran Satgas P2PSR dalam melakukan koordinasi, memantau, mengevauasi dan memberikan rekomendasi serta memfasilitasi penyesaian masalah.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan mendorong Satuan Kerja dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mengendalikan rencana kerja dan melakukan pengecekan langsung ke lapangan secara berkala.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda