Begini Tampilan Rumah Minimalis yang Terbuat dari Badan Pesawat Terbang

Proyek hunian minimalis dari potongan badan pesawat terbang bernama Aero Tiny ini dirancang untuk menjadi rumah kompak yang berkelanjutan.

rumah terbuat dari badan pesawat, potongan badan pesawat, hunian minimalis
Tampilan fasade hunian compact minimalis yang terbuat dari potongan badan pesawat udara. (Foto: Inhabitat)

RumahHokie.com (Jakarta) – Siapa sangka potongan badan pesawat terbang ternyata bisa digunakan kembali menjadi hunian minimalis yang nyaman lho.

Di Kota Brisbane, Australia, seorang ayah bersama anaknya, yakni Rick dan Mitch Keel yang tergabung dalam grup The Tiny House Guys, menjadi arsitek dari proyek bertajuk Aero Tiny.

Mereka menciptakan rumah kompak minimalis berukuran 12,1 meter persegi dari potongan badan pesawat udara.

Baca Juga: Dulu Gerbong Kereta Perang Dunia II, Kini Jadi Hunian Unik Bergaya Industrial

rumah terbuat dari badan pesawat, potongan badan pesawat, hunian minimalis
Untuk menambah kenyamanan di hunian minimalis, pemiliknya meletakkan sebuah sofa bed panjang. (Foto: Inhabitat)

Selaiknya rumah tapak normal, hunian portable yang bisa dibawa-bawa ketika liburan ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang kenyamanan, seperti area dapur minimalis, kamar mandi, hingga area yang bisa digunakan untuk ruang tamu maupun kamar tidur.

Melansir dari laman Inhabitat, Kamis (13/02/2020), The Tiny House Guys telah ‘menghembuskan’ kehidupan baru ke dalam pesawat terbang berjenis Bombardier Q Series atau Dash 8 yang tidak terpakai, untuk kemudian dijadikan sebagai rumah minimalis yang nyaman.

“Saya melihat barang langka (pesawat Bombardier) dijual secara online. Kemudian, saya memutuskan membelinya dan terinspirasi untuk mengubahnya menjadi rumah mungil
yang unik,” kata Rick.

Baca Juga: Ecobricks: Ubah Sampah Plastik Jadi Selaiknya Batu Bata

rumah terbuat dari badan pesawat, potongan badan pesawat, hunian minimalis
Rumah minimalis yang terbuat dari potongan badan pesawat ini dilengkapi service area yang bisa digunakan untuk mencuci peralatan makan kotor. (Foto: Inhabitat)

Lebih lanjut dia memaparkan, mereka memulai proses mengubah bangunan lama menjadi rumah yang layak huni.

Dari awal, mereka ingin mempertahankan sebanyak mungkin karakter penerbangan asli, termasuk kelongsong logam lengkung dan lipatan, tangga bercahaya yang mengarah ke interior.

Interiornya hampir seluruhnya dirombak untuk menciptakan ruang tamu minimalis. Namun, sejumlah fitur tertentu masih kami selamatkan,” tutur Rick.

Baca Juga: Firma Arsitek Ini Akan Bangun Menara Kayu Apung Pertama di Dunia

rumah terbuat dari badan pesawat, potongan badan pesawat, hunian minimalis
Meski berukuran minimalis, hunian portable ini memiliki balkon yang bisa dilipat ketika tidak ingin digunakan. (Foto: Inhabitat)

Seperti beberapa jendela pesawat dan pintu masuk utama tetap dipertahankan seperti aslinya. Untuk menciptakan hunian minimalis yang nyaman, The Tiny House Guys menghadirkan dapur kecil dan ruang tamu dengan tempat sampah pesawat.

Untuk membuat ruang yang cukup untuk kamar mandi, mereka pun menambahkan kotak khusus ke sisi badan pesawat untuk memasukkan toilet, wastafel, dan shower.

“Kami menghabiskan lebih dari enam minggu untuk mengubah badan pesawat menjadi rumah mungil yang indah di atas roda. Tujuan kami menciptakan Aero Tiny adalah untuk menjadi rumah kompak yang berkelanjutan,” tandas Rick.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda