Begini Tips Dari Matius Jusuf Jika Anda Ingin Membeli Sebuah Properti

Pakar properti, Matius Jusuf, mengatakan dalam kondisi pasar properti yang sedang lesu, pembeli akan mendapatkan banyak penawaran bagus.

Matius Jusuf, Pakar properti, bisnis properti Indonesia
Pakar properti, Matius Jusuf, menjabarkan potensi industri properti Indonesia di masa mendatang. (Foto: Andy Widiatama)

RumahHokie.com (Bekasi) – Bisnis industri properti yang tengah melambat (slow down) saat ini, menjadi momentum tepat dan terbaik bagi konsumen serta investor untuk membeli aset properti.

Pakar properti, Matius Jusuf, mengatakan dalam kondisi pasar properti yang sedang lesu, pembeli akan mendapatkan banyak penawaran bagus.

“Kalau mau beli properti, inilah waktunya yang tepat. Karena sebentar lagi, properti akan mahal sekali. Terutama untuk segmen yang menengah-menengah. Maka 2019 inilah waktunya untuk investasi,” tutur Jusuf saat ditemui RumahHokie.com beberapa waktu lalu dalam acara launching Stark Mansion di Bandar Djakarta Bekasi.

Baca Juga: Tips Broker Properti: Ketahui Nilai Psikologis Sebuah Rumah Agar Terjual Mahal

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan beli properti akan membuat uang atau kekayaan pemiliknya menjadi lebih stabil.

“Punya properti dapat membuat kaya pemiliknya. Anda bisa sewakan, karena properti bisa mendatangkan capital gain (kenaikan harga), terutama untuk rumah tapak,” ujar pria yang telah berkecimpung di industri properti selama 35 tahun ini.

Namun demikian, ketika ingin memutuskan beli sebuah properti, sebaiknya diperhitungkan baik-baik dan matang.

Matius Jusuf memaparkan terdapat 5 tips yang harus diperhatikan pada saat calon konsumen ingin membeli properti incarannya, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Perhatikan Peran Anak dalam Keputusan Membeli Properti

Dia memaparkan, faktor pertama yang harus diperhatikan adalah soal pemilihan lokasi. Dengan memilih lokasi yang tepat, pemilik properti akan mendapatkan kenaikan harga yang lebih maksimal.

Kemudian faktor kedua yang perlu dipertimbangkan pula, calon pembeli harus memperhatikan akses menuju ke proyek properti yang ingin dibeli.

“Usahakan beli properti yang memiliki jalan yang lebar dan mudah diakses. Lihatlah daerah penyangga Jakarta, seperti Bekasi yang merupakan wilayah dengan potensi kuat. Kedepannya, wilayah itu akan bagus sekali karena keberadaan ragam moda transportasi,” katanya.

Ketiga, menurut Jusuf yang tak kalah penting untuk diperhatikan pula yakni, bagaimana konsep yang ditawarkan dari developer properti tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Rumah Subsidi di Kawasan Bekasi, Tangerang, dan Bogor

“Walaupun harga properti-nya tergolong murah, namun jika developer menawarkan konsep pembangunannya dengan bagus, itu yang penting,” ujar Jusuf.

Selain itu, faktor keempat yang harus terpenting bagi calon pembeli adalah kualitas dari bangunan rumah atau unit apartemen yang ingin dibeli.

Faktor kelima, yang juga tak kalah harus diperhatikan menurut dia adalah besaran capital gain yang dapat diperoleh pemilik properti setelah sekian tahun.

“Orang yang membeli properti itu, tidak akan rugi. Karena harga properti mengalami kenaikan terus dari tahun ke tahun,” tandas Jusuf.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda