Begini Tips Hadirkan Lemari Wardrobe yang Menarik di Kamar Tidur

Dengan rancangan lemari wardrobe yang tepat, pemilik rumah dapat menyimpan pakaian serta perlengkapannya dengan rapi dan teratur.

Lemari pakaian (wardrobe) biasanya selalu terdiri dari dua bagian, yaitu bagian untuk menaruh pakaian dengan cara digantung dan bagian lainnya berupa deretan rak untuk menyimpan pakaian yang dilipat. (Foto: www.pinterest.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Selain kasur yang empuk dan nyaman, setiap pemilik rumah pasti membutuhkan lemari pakaian (wardrobe) yang diletakan di kamar tidurnya. Dengan menghadirkan lemari wardrobe yang disesuaikan bentuk ruangan, pemilik rumah dapat menyimpan pakaian serta perlengkapannya dengan rapi dan teratur.

Berdasarkan bentuk serta fungsinya, lemari wardrobe biasanya terdiri dari dua bagian. Pertama, bagian untuk meletakan pakaian dengan cara digantung. Bagian kedua, berupa susunan rak yang berfungsi untuk meletakan pakaian yang dilipat.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Adopsi Kamar Tidur Ala Hotel Mewah di Rumah

Agar lemari wardrobe dapat menghadirkan tampilan indah pada ruangan kamar tidur serta memiliki fungsi yang optimal, simak tips berikut ini.

Sesuai kebutuhan

Pada umumnya, ukuran standar lemari wardrobe dua pintu berkisar 150 cm x 60 cm x 300 cm. Namun, ukuran tersebut bukanlah ukuran yang baku. Anda dapat mengembangkan ukuran maupun bentuk lemari wardrobe sesuai kebutuhan. Misalnya saja, lemari bisa terdiri dari tiga deret rak, tiga deret laci dan beberapa bagian untuk menggantung pakaian.

Jika dirasa masih kurang, anda juga bisa menghadirkan lemari di dalam walk in closet dengan desain yang tertutup oleh deretan pintu ataupun dirancang terbuka dan disekat dengan pintu kaca transparan.

Desain lemari

Ada kalanya, kita telah cocok dengan tampilan desain lemari wardrobe yang tersedia di toko furnitur, namun ukurannya tak sesuai dengan ruangan kamar tidur ataupun bisa juga sebaliknya.

Solusi untuk masalah ini adalah, anda bisa memesan secara khusus kepada produsen furnitur ataupun desainer interior yang merancang rumah anda. Pemilik hunian bisa memesan Lemari wardrobe yang bersifat lepas (loose furniture) ataupu didesain tertanam di dinding (built in).

Baca Juga: Cara Memilih Furnitur Untuk Kamar Tidur Utama Agar Nyaman

Pilihan material

Kini, tersedia beragam jenis material yang dipakai sebagai bahan dasar lemari wardrobe.  Ada lemari yang terbuat dari material kayu solid. Umumnya, kayu solid dipakai untuk lemari wardrobe lepas (loose furnitur). Keunggulan dari material ini adalah lebih kuat dan awet. Namun, karena material ini berasal dari pohon alami yang semakin terbatas, berdampak pada harga yang relatif mahal.

Ada pula lemari pakaian yang terbuat dari material Medium Density Fiber (MDF). Jenis material ini terbuat dari kayu yang diolah menjadi bubur kayu, lalu dipres dan dicetak menjadi lembaran, kemudian dicelup dalam cairan kimia tertentu. Keunggulan dari material ini adalah memiliki permukaan yang halus dan harganya relatif lebih murah jika dibanding dengan kayu solid.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda