Begini Tips Menghadirkan Desain Tangga Rumah yang Aman

Merancang desain tangga rumah yang aman bagi para anggota keluarga serta cantik secara tampilan, menjadi hal yang harus diutamakan.

Ide Rancangan Tangga Rumah-RumahHokie-pinterest
(Foto : pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Desain area tangga merupakan termasuk salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Bukan saja menjadi penambah estetika dari sebuah interior, akan tetapi berfungsi juga sebagai akses menuju lantai atas pada hunian.

Oleh karenanya, membuat desain tangga rumah yang aman bagi para anggota keluarga serta cantik secara tampilan menjadi hal yang harus diutamakan.

Resiko terpeleset atau terjatuh dari tangga perlu dihindari melalui beberapa trik. Nah, Hokie People agar desain tangga di hunian Anda lebih aman simak beberapa tips berikut ini.

Baca Juga : Berkesan Futuristik dan Menawan dengan Desain Tangga Melayang

Pasanglah railing tangga
Salah satu cara paling mendasar untuk membuat tangga lebih aman adalah memasang pegangan railing tangga. Agar pegangan tangan tersebut tidak licin, gunakanlah material yang kesat. Sehingga genggaman menjadi lebih aman dan stabil. Jangan lupa pastikan tingginya tepat agar tidak bisa dipanjat oleh anak-anak.

Gunakan material permukaan anak tangga yang aman
Bagian berikutnya dari desain tangga rumah yang juga harus diperhatikan adalah permukaan anak tangga. Tentunya permukaan anak tangga permukaan tangga yang licin bisa sangat membahayakan. Oleh karena itu, gunakan material permukaan yang aman dan tidak licin. Contohnya bisa menggunakan material seperti marmer atau kayu yang lebih kesat.

Baca Juga : Tips Memilih Jenis Pencahayaan untuk Berbagai Ruangan

Hindari rancangan yang memnberi kesan ilusi optikal
Memasang karpet yang memiliki motif cantik memang bisa membuat nuansa dekorasi area tangga tampak lebih indah. Akan tetapi jika pengaplikasian itu justru memberi kesan ilusi optikal yang membuat bingung ketika melangkah di area tangga, maka sebaiknya dihindari. Lebih aman jika Anda dapat melihat anak tangga tersebut dengan lebih jelas.

Aplikasikan pencahayaan yang terang
Untuk menghadirkan area tangga yang aman, jangan lupa untuk mengaplikasikan pencahayaan yang terang dan sesuai kebutuhan ruang. Jika dirasa pencahayaannya
kurang, pasang lampu tambahan untuk menerangi area anak tangga, sehingga dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Hindari meletakkan barang di anak tangga
Meletakkan terlalu banyak barang di area tangga dapat membahayakan lho. Karena bisa mengganggu langkah saat melewati sisi tersebut dan juga terkesan akan berantakan. Jika ingin menambahkan aksen dekorasi, Anda bisa meletakkannya di sisi dinding area itu.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda