Begini Tips Menghadirkan Taman Belakang yang Asri di Lahan Terbatas

Desain area hijau yang baik tak harus selalu berukuran besar. Di lahan rumah yang sempit pun Anda masih bisa menghadirkan taman belakang rumah yang asri dan nyaman.

Tips Membuat Taman Belakang-RumahHokie.com-squarespace
(Foto: squarespace)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kehadiran taman di belakang rumah (backyard) tentu akan mendatangkan berbagai manfaat bagi pemilik hunian. Tak hanya sekedar tempat untuk bersantai, area hijau itu juga bisa mendatangkan sirkulasi udara yang segar dan sehat kedalam ruangan.

Acapkali keterbatasan lahan hunian, membuat rencana untuk menghadirkan
taman belakang rumah (backyard) menjadi urung diwujudkan oleh pemilik rumah.

Sebenarnya desain area outdoor tersebut yang baik tak harus selalu berukuran besar, Hokie People. Di lahan rumah yang sempit pun Anda masih bisa kok menghadirkan taman belakang rumah yang Asri dan nyaman.

Baca Juga : Ingin Suhu Rumah Menjadi Adem? Yuk Buat Taman di Atas Atap!

Berikut ini tips untuk membuat area taman di belakang rumah dengan ukuran yang sempit nampak luas serta indah.

Gunakan furnitur berukuran kecil
Salah satu elemen yang dapat menghadirkan kenyamanan pada area taman di belakang rumah adalah dengan meletakkan beberapa furnitur, seperti meja dan kursi outdoor.

Nah, untuk ‘mengakali’ keterbatasan lahan pada area backyard, Anda bisa memulainya dengan menggunakan furnitur outdoor berukuran kecil, sehingga bisa membuat area sempit terasa lebih lapang dan luas.

Tambahkan lampu taman
Pada bagian indoor, penerangan tambahan selalu ampuh untuk membuat ruangan yang sempit menjadi tampak lebih luas dan lapang. Demikian juga pada area outdoor yang sempit.

Tambahkan pencahayaan pada sekitar area taman belakang agar tampak lebih luas. Anda bisa menggunakan lampu taman dengan desain yang tepat untuk membuat area tersebut tampak semakin cantik.

Baca Juga : Ciptakan Nuansa Indah di Taman Anda dengan Sepeda Tua

Gantung string neon light
Jika lampu taman dirasa kurang memberi penerangan, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memasang string neon light yang cantik pada bagian atas dari area taman belakang rumah. Pasang di beberapa bagian, agar nuansa nyaman dan romantis hadir di area tersebut.

Pasang pot tanaman secara vertikal
Bentuk pot tanaman yang memanjang ke atas (vertikal) akan membuat area sempit menjadi lebih luas, karena dekorasinya akan mengarah ke atas, bukan ke samping. Ada baiknya juga Anda memilih jenis tanaman yang tak memiliki daun lebar, sehingga tidak terkesan menghalangi pandangan dan memberi kesan penuh.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda