Beli Properti di Amerika Serikat, Bayar Satu Bisa Dapat Dua!

Berbeda dengan rental guarantee yang biasa diterapkan developer pada umumnya, Mt. Helix menawarkan rental insurance yang berlaku seumur hidup.

Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

RumahHokie.com (Jakarta)“Don’t claim yourself rich without an American property.” Investasi properti di Amerika Serikat dianggap sebagian kalangan the haves sebagai “kewajiban”. Pasalnya, selain keuntungan dari capital gain dan rental yield, memiliki properti di Negeri Paman Sam juga memiliki gengsi tersendiri.

Krisis keuangan yang melanda Amerika Serikat pada 2008 lalu, merupakan awal momentum berinvestasi properti di negeri yang kini dipimpin Donald Trump tersebut. Pasalnya, krisis yang disebabkan subprime mortgage tersebut membuat nilai properti di AS terpangkas signifikan.

Roda industri properti di Amerika ditengarai bakal berputar lebih cepat menyusul kebijakan ekonomi Presiden Donald Trump yang pro kelas menengah.

Lantas, mengapa investasi di Amerika Serikat menarik? Pakar properti internasional, Dolf De Roos menyebutkan dua alasan.

Pertama, Trump adalah seorang investor real estat sukses. Tentu, dia tidak akan membuat kebijakan yang menghambat industri properti.

Kedua, Trump berkomitmen menjaga iklim bisnis AS dengan berbagai kebijakan.

“Trump telah menyatakan berulang kali bahwa dia akan menurunkan tarif pajak, menyederhanakan proses perpajakan, dan menawarkan insentif lain untuk kepentingan bisnis pada umumnya. Sulit untuk membayangkan bahwa dalam situasi seperti ini, investasi real estat akan menjadi kurang menguntungkan,” jelas Dolf De Roos kepada media di Jakarta, Kamis (16/3/2016).

Kendati banyak ekonom dan organisasi yang memprediksi ekonomi AS akan menurun pasca Trump berkuasa, katanya, hal tersebut tidak terbukti.

“Saya sering mendorong investor untuk terjun ke pasar ketika orang lain berpikir pasar dalam kondisi buruk. Secara umum, investasi hari ini jelas lebih baik dari investasi besok. Saya belum mendengar siapa pun yang membeli properti lebih dari lima tahun yang lalu mengeluh bahwa itu adalah keputusan yang salah. Mereka hanya cenderung menyesal karena tidak membeli lebih banyak,” papar Dolf.

Salah satu rumah yang dipasarkan Mt. Helix di Detroit, AS (Foto: helixapac.com)
Salah satu rumah yang dipasarkan Mt. Helix di Detroit, AS (Foto: helixapac.com)

100 Unit per Bulan
Melihat potensi itu, Helix Homes America LLC (Mt. Helix), perusahaan pengembang dan penyedia investasi properti asal Amerika, melakukan penetrasi ke pasar Indonesia.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengedukasi calon konsumen mengenai potensi, cara pembayaran, dan tips meraup laba secara maksimal.

CEO Helix Homes America LLC, Joe Nelson optimistis pasar Indonesia akan tertarik berinvestasi properti di AS. Karena itu, dia menargetkan sedikitnya 100 unit rumah bisa terjual setiap bulan.

“Regulasi pajak baru memungkinkan investor mendeklarasikan asetnya dan untuk kemudian menyebarkan ivestasinya ke produk real estat internasional. Ini adalah peluang untuk mendapatkan sewa,” kata Joe Nelson.

Di Indonesia, Mt. Helix menawarkan rumah tapak di Chicago, Indianapolis, dan Detroit dengan harga mulai USD65 ribu. Ketiga kota ini mencatatkan pertumbuhan harga 10% per tahun, lebih tinggi dibanding kota-kota lain yang hanya 3% – 4%.

Rental Insurance
pada kesempatan yang sama, Hans Herwin, Chief Marketing Officer Asia Pacific Region, Helix Homes America LLC menjelaskan, Mt. Helix adalah satu-satunya developer yang memasarkan rumah dengan asuransi sewa kepada investor dengan yield 9,25% per tahun.

Berbeda dengan rental guarantee yang biasa diterapkan developer pada umumnya, kata Hans, Mt. Helix menawarkan rental insurance. Berbeda dengan rental guarantee yang hanya berlaku beberapa tahun, rental insurance berlaku seumur hidup, selama polis asuransi terus diperpanjang.

“Selain itu, kami menjamin setiap hunian yang dijual sudah memiliki penyewa,” katanya.

Hans juga menyarankan agar konsumen membeli sekaligus dua rumah. Dia berdalih, satu rumah yang dibayar, bisa diagunkan ke bank untuk mendapat kucuran kredit pemilikan rumah (KPR) dengan bunga 7% – 7,5% per tahun.

“Jadi, beli satu rumah, bisa dapat dua rumah. Dan yield-nya bisa menjadi 11% (dengan perhitungan 2 x 9,25%– 7,5%),” tuturnya.

Anto Erawan 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda